Reporter: Fahriyadi | Editor: Fahriyadi .
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sampoerna Retail Community (SRC) bersama PT Pos Indonesia (Persero) menjalin sinergi strategis untuk memperluas akses layanan publik melalui jaringan Toko SRC. Kolaborasi ini ditandai dengan peluncuran program distribusi produk meterai resmi yang dimulai pada 7 Juli 2025. Melalui program ini, masyarakat dan pelaku UMKM kini dapat memperoleh meterai yang terjamin keasliannya dari Toko SRC di berbagai daerah.
“Dengan jaringan toko kelontong yang tersebar di seluruh Indonesia, kami ingin Toko SRC yang merupakan bagian dari program pemberdayaan UMKM Toko Kelontong Sampoerna menjadi lebih dari sekadar tempat belanja dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kolaborasi ini memperkuat peran Toko SRC sebagai pusat layanan publik yang mendukung pelaku usaha kecil untuk lebih profesional dan siap bermitra dengan sektor formal,” ujar Direktur Penjualan PT HM Sampoerna Tbk Yohan Lesmana dalam keterangannya, Rabu (9/7).
Baca Juga: SRC Fokus Mendorong Kemandirian UMKM Toko Kelontong
Selain distribusi meterai, kerjasama ini juga mencakup peran baru Toko SRC sebagai Pos Aja Drop Point. Sejak akhir Mei 2025, toko kelontong SRC telah mulai berfungsi sebagai titik pengiriman dan penerimaan barang, khususnya di wilayah yang selama ini belum optimal terjangkau layanan kurir dan logistik. Inisiatif ini menjadi tonggak penting dalam memperluas akses terhadap layanan pengiriman yang andal, cepat, dan efisien.
Direktur PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS), Romulus Sutanto, menegaskan bahwa kolaborasi ini merupakan bentuk dukungan terhadap program pemerintah dalam memperluas akses logistik dan distribusi, sekaligus meningkatkan pendapatan negara dari sektor jasa keuangan. Ia menekankan pentingnya peran ritel lokal dalam menyediakan layanan resmi yang mudah dijangkau masyarakat, termasuk di luar kota-kota besar.
“Kami percaya program ini akan menciptakan sinergi yang mendorong pertumbuhan ekonomi rakyat secara berkelanjutan. Kolaborasi ini merupakan wujud nyata langkah maju menuju Indonesia yang lebih terhubung, inklusif, dan berdaya saing,” tambah Romulus.
Dari sisi PT Pos Indonesia (Persero), kolaborasi ini sejalan dengan misi transformasi layanan yang berfokus pada kedekatan dengan komunitas. PLT Direktur Utama merangkap Direktur Keuangan dan Manajemen Resiko PT Pos Indonesia (Persero), Endy Pattia Rahmadi menyampaikan bahwa pemanfaatan jaringan ritel lokal seperti Toko SRC merupakan kunci pemerataan akses layanan publik.
“Misi kami di PT Pos Indonesia (Persero) adalah memastikan semua lapisan masyarakat, termasuk UMKM di pelosok, mendapatkan layanan kurir dan logistik serta kebutuhan administrasi seperti penyediaan meterai yang asli. Dengan menggandeng jaringan Toko SRC, kami optimistis dapat menjangkau lebih banyak titik dan mempercepat pemerataan akses layanan,” ujar Endy.
Kolaborasi ini juga mendukung program UMKM Naik Kelas dan transformasi pelayanan publik berbasis komunitas. Dengan lebih dari 250.000 Toko SRC yang telah tumbuh selama 17 tahun, ekosistem SRC kini berperan aktif dalam memperkuat ekonomi daerah dan membuka akses layanan yang sebelumnya sulit dijangkau.
“Kami percaya program ini akan menciptakan sinergi yang mendorong pertumbuhan ekonomi rakyat secara berkelanjutan. Kolaborasi ini merupakan wujud nyata langkah maju menuju Indonesia yang lebih terhubung, inklusif, dan berdaya saing,” kata Romulus.
Selanjutnya: Rupiah Ditutup Melemah ke Rp 16.258 Per Dolar AS pada Hari Ini (9/7)
Menarik Dibaca: iPhone 12 Pro Max Harga Juli 2025 Diskon, Kenali Fiturnya Supaya Nggak Salah Pilih
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News