Reporter: Namira Daufina | Editor: Anastasia Lilin Yuliantina
JAKARTA. Forte, perusahaan media dan konten, mencoba peruntungan bisnis baru. Perusahaan di bawah Karsa Group ini akan menayangkan program siaran anak muda yang dulu sempat naik daun, yakni Music Televison alias MTV.
Forte mendapatkan hak tayang program MTV setelah menjalin kerjasama dengan Viacom International Media Networks, sang pemilik program. Kerjasama kedua perusahaan itu berlangsung selama lima tahun sejak 16 Oktober 2014 pekan lalu.
Pada tahap awal, Forte hanya akan menayangkan program yang di Tanah Air dulu sempat ngetop dengan tagline "MTV, Gue Banget" itu, di lima kota dengan menggandeng stasiun televisi lokal. Meliputi, TV Network untuk wilayah Jabodetabek dan SBO untuk Surabaya. Lalu di tiga kota yakni Bandung, Medan dan Banjarmasin, Forte mengandalkan stasiun televisi PCTV.
Namun, tayangan MTV baru akan efektif mengudara di Indonesia pada 1 November 2014 nanti. "Kami juga berhak untuk memproduksi program sendiri sesuai dengan MTV,” ujar Surja Arief, Presiden Direktur Karsa Group, kepada KONTAN, Senin (20/10).
Rencana Forte, program sendiri itu akan diproduksi tahun depan. Praktis, hingga akhir tahun nanti, semua tayangan masih berasal dari Vacom International.
Selain membikin program sendiri, tahun depan perusahaan itu juga akan menambah daya siar MTV. Setelah lima kota tadi, perusahaan itu akan masuk ke empat kota lain yakni Palembang, Semarang, Yogyakarta dan Denpasar Bali. Penambahan daya siar itu tak lain demi mewujudkan target 12 juta households alias rumahtangga pemilik televisi di Indonesia yang menonton acara MTV.
Selain menambah daya siar melalui stasiun televisi, Forte juga bersiap melengkapi strategi dengan menghadirkan kanal digital demi memperluas jangkauan pasar. Maklum, sasaran tayangan MTV adalah penonton usia 14 tahun–25 tahun, yang saat ini tentu sudah sangat dekat dengan media digital.
Sayang, Surja tak mau membeberkan nilai investasi yang dikeluarkan Karsa Group untuk mendapatkan hak tayang MTV. Dia hanya bilang jika selain perusahaannya, Viacom International turut merogoh kocek investasi. "Karena kami bukan membeli brand MTV tapi kami hanya membantu pemasaran dan distribusi MTV di Indonesia," terang Surja.
Surja justru mensinyalkan jika penayangan MTV di Indonesia itu adalah kerjasama awal antara perusahaanya dengan Viacom International. Nantinya, bakal ada kerjasama lain.
Sayang, lagi-lagi Surja tutup mulut perihal informasi itu. "Sehingga kami siap akselerasi ke bisnis selanjutnya," ujar Surja.
Sebagai catatan saja, nama Karsa Group memang sepertinya belum familier di peta bisnis media di Tanah Air. Tak banyak informasi yang bisa dikuak mengenai grup perusahaan itu. Adalah laman karsa.group.net yang disinyalir sebagai laman resmi grup perusahaan itu.
Berdasarkan laman itu, Karsa Group menjalankan tiga unit bisnis. Pertama, Karsa Trans yang melayani jual-beli dan sewa kendaraan. Kedua, Karsa Farm yang mengembangan usaha agrowisata, peternakan dan perkebunan. Ketiga, Karsa Property yang mengembangkan bisnis jual-beli dan sewa baik tanah maupun bangunan.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News