kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Gapeka 2019 berlaku, PT KAI hadirkan tiga kereta api baru mulai Desember


Senin, 18 November 2019 / 12:25 WIB
Gapeka 2019 berlaku, PT KAI hadirkan tiga kereta api baru mulai Desember
ILUSTRASI. Direktur Utama PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Edi Sukmoro

Reporter: Amalia Fitri | Editor: Herlina Kartika

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Kereta Api Indonesia Persero (KAI) akan memberlakukan Grafik Perjalanan KA (Gapeka) 2019 mulai 1 Desember 2019 mendatang. Kebijakan tersebut dilakukan selaras dengan Keputusan Menteri Perhubungan nomor KP 1781 Tahun 2019 tentang Penetapan Grafik Perjalanan KA tahun 2019 PT KAI (Persero).

Gapeka merupakan pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api yang digambarkan dalam bentuk grafis. Bentuk tersebut menunjukkan stasiun, waktu, jarak, kecepatan, dan posisi perjalanan kereta api, mulai dari berangkat, berhenti, datang, bersilang, dan penyusulan.

"Penetapan Gapeka 2019 ini untuk menggantikan Gapeka 2017. Perbedaannya, Gapeka 2019 melayani lebih banyak KA, yakni 382 KA. Ada penambahan kecepatan prasarana, penambahan kapasitas lintas jalur ganda, dan memfasilitasi hadirnya KA baru, seperti KA Anjasmoro, KA Dharmawangsa, dan KA Sancaka Utara," jelas Edi Sukmoro, Direktur Utama KAI pada acara konferensi pers di Jakarta Railway Center, Jakarta Pusat, Senin (18/11).

Baca Juga: Jelang Natal dan tahun baru 2020, KAI tambah rute perjalanan dan tempat duduk

KA Anjasmoro akan melayani relasi Jombang-Pasar Senen (PP), lalu KA Dharmawangsa melayani relasi Surabaya Pasarturi-Pasar Senen (PP), dan KA Sancaka Utara dengan relasi Surabaya Pasarturi-Kutoarjo (PP).

Pemberlakuan Gapeka ini juga mempengaruhi perubahan jadwal keberangkatan dan kedatangan kereta api, waktu tempuh, perubahan relasi KA, dan perubahan nama beberapa stasiun.

"Untuk perubahan nama stasiun, ada empat yang berubah, di antaranya Stasiun Banyuwangi Baru menjadi Stasiun Ketapang (KTG), lalu Stasiun Karangasem menjadi Stasiun Banyuwangi Kota (BWI), Stasiun Barat menjadi Stasiun Magetan (MAG), dan Stasiun Paron menjadi Stasiun Ngawi (NGW)," lanjut Edi.

Sementara untuk perubahan jadwal, Edi menjabarkan jika KA Argo Bromo Anggrek dari Gambir ke Surabaya Pasarturi, yang semula berangkat pukul 09.30 WIB, akan berangkat lebih awal 08.15 WIB per 1 Desember 2019.

Untuk perubahan waktu tempuh KA, seperti KA Pasundan dari arah Bandung Kiaracondong ke Surabaya Gubeng akan lebih singkat, yakni menjadi 14 jam 45 menit, dari 16 jam 7 menit, per 1 Desember.

Baca Juga: Mau mudik? Tiket KA Natal dan Tahun Baru dapat dibeli mulai 19 November 2019

Adapun KA Argo Wilis dan Turangga akan mengalami perpanjangan relasi KA. Sebelumnya Surabaya Gubeng - Bandung (PP), kini menjadi Surabaya Gubeng - Bandung - Gambir, dan lainnya.

"Harapannya dengan begini, yang memakai kereta api akan lebih banyak lagi," ujarnya




TERBARU

Close [X]
×