kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Garda: Penunjukan Nadiem sebagai menteri jadi ancaman besar bagi driver ojol


Selasa, 22 Oktober 2019 / 12:16 WIB

Garda: Penunjukan Nadiem sebagai menteri jadi ancaman besar bagi driver ojol
ILUSTRASI. JAKARTA,27/03-AKSI OJEK ONLINE.Ribuan driver ojek online (Ojol) berunjuk rasa di Jalan Medan Merdeka, Jakarta, Selasa (27/3). Mereka menuntut pengakuan eksistensi legal sebagai bagian dari sistem transportasi, penetapan tarif standar sebesar Rp4.000 per k

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketua Presidium Nasional Gabungan Aksi Roda Dua (Garda) Indonesia, Igun Wicaksono mengatakan ditunjuknya Nadiem Makarim sebagai menteri merupakan ancaman tersendiri bagi para driver ojek online. Mereka khawatir ketika Nadiem menjabat sebagai menteri, mantan bos Gojek ini akan membuat regulasi yang menguntungkan perusahaan swasta dan tidak berpihak kepada pegawai dan kaum buruh, dalam hal ini para driver ojol.

Hal tersebut mungkin saja terjadi karena Igun menganggap Nadiem sudah menerapkan hal tersebut selama berada di Gojek. "Kami khawatir aturan-aturan yang dibuat pemerintah lebih pro kepada perusahaan aplikasi dibandingkan terhadap para driver ojol. Sekarang pun selama memegang aplikasi dia lebih pro dong kepada korporasinya," kata Igun Wicaksono ketika dihubungi di Jakarta, Selasa (22/10/2019).

Baca Juga: Ketika Gojek buka suara soal rencana IPO...

Para driver ojol sudah banyak melakukan perlawanan dengan menggelar aksi demonstrasi kepada perusahaan Gojek karena dianggap kurang menyejahterakan mitranya. Dengan rekam jejak seperti itu, pihaknya menolak keras terpilihnya Nadiem sebagai menteri.

Sebagai bentuk penolakan dari keputusan terpilihnya Nadiem jadi menteri, ribuan ojol direncanakan akan menggelar aksi demonstrasi besar-besaran. Rencananya, para ojek online akan unjuk rasa secara serentak di beberapa kota wilayah yakni Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan dan beberapa tempat di pulau Jawa termasuk DKI Jakarta.

Baca Juga: Gojek akan segera mengakhiri era bakar uang, seperti apa strateginya?

"Kalau di Jakarta kemungkinan di Istana Negara. Namun ada berbagai titik nanti, jadi belum final, kita masih komunikasi kapan pelaksanaan unrasnya," kata dia.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Kekhawatiran Driver Ojol Jika Nadiem Makarim Jadi Menteri"
Penulis : Walda Marison
Editor : Jessi Carina


Sumber : Kompas.com
Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
Video Pilihan


Close [X]
×