kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.455.000   12.000   0,83%
  • USD/IDR 15.155   87,00   0,57%
  • IDX 7.743   -162,39   -2,05%
  • KOMPAS100 1.193   -15,01   -1,24%
  • LQ45 973   -6,48   -0,66%
  • ISSI 227   -2,76   -1,20%
  • IDX30 497   -3,22   -0,64%
  • IDXHIDIV20 600   -2,04   -0,34%
  • IDX80 136   -0,80   -0,58%
  • IDXV30 141   0,18   0,13%
  • IDXQ30 166   -0,60   -0,36%

Garuda akan hentikan operasional pesawat klasik


Rabu, 19 Januari 2011 / 07:40 WIB
Garuda akan hentikan operasional pesawat klasik


Reporter: Sofyan Nur Hidayat | Editor: Dupla Kartini

JAKARTA. PT Garuda Indonesia berencana menghentikan operasional pesawat klasik jenis Boeing 737-400 dan Boeing 737-300 secara bertahap hingga 2012.

Pesawat tersebut rencananya akan dikembalikan ke pihak lessor dan menjual pesawat klasik yang masih dimilikinya. Pesawat pengganti, Boeing 737-800 next generation akan tiba pada 2012.

Direktur Operasional PT Garuda Indonesia, Ari Sapari mengatakan, peremajaan pesawat sebagai salah satu persiapan untuk menjadi maskapai penerbangan berbintang lima. Saat ini, Garuda masih berbintahg empat bersama dengan 26 maskapai lain di dunia.

"Kami menargetkan bisa menjadi maskapai bintang lima di 2013," ungkap Ari dalam acara dengar pendapat dengan Komisi V DRP RI, Selasa (18/1).

Ari mengatakan, saat ini, Garuda masih memiliki 21 unit pesawat klasik jenis Boeing 737-400 dan Boeing 737-300. Dari jumlah itu, 16 unit di antaranya merupakan pesawat sewa dari pihak lessor, sedangkan sisanya pesawat milik Garuda Indonesia.

Dari sisi usia pesawat, menurut Ari, pesawat yang dimiliki Garuda sudah lebih baik. Pada 2009, rata-rata usia pesawat mencapai 10,2 tahun. Sedangkan pada awal 2010 dan awal 2011 ini, usia rata-rata pesawat Garuda mencapai 8,8 tahun. Hingga 2015 nanti, pesawat Garuda diperkirakan tidak akan lebih tua dari pesawat kompetitor di negara lain.

Masih terkendala prasarana

Lanjut Ari, rencana penghentian operasional pesawat itu masih terkendala sarana dan prasarana bandara yang ada di Indonesia. Maklum, menurutnya masih banyak bandara yang belum memiliki landasan pacu yang bisa dipakai untuk pesawat jenis Boeing 737-800 next generation.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Garuda Indonesia Emirsyah Satar mengatakan, dana hasil proses IPO Februari nanti yang diperkirakan mencapai Rp 6,97 triliun - Rp 10,23 triliun akan dipergunakan untuk ekspansi. "Dana IPO ini salah satunya akan kami gunakan untuk peremajaan pesawat," ungkap Emir.

Saat ini Garuda mengoperasikan sebanyak 84 pesawat. Sementara, pada 2015, mereka menargetkan jumlah pesawat yang dimiliki sudah mencapai 155 pesawat. Garuda menargetkan bisa memiliki 30 pesawat berbadan lebar, 121 pesawat berbadan sempit dan 4 pesawat kargo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×