kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45874,12   -12,06   -1.36%
  • EMAS1.329.000 -0,67%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Garuda dan Lion Air Berebut Pasar Umrah di Daerah


Senin, 07 Agustus 2023 / 13:34 WIB
Garuda dan Lion Air Berebut Pasar Umrah di Daerah


Reporter: Markus Sumartomdjon | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  Maskapai penerbangan domestik mulai memperluas jangkauan untuk menjangkau pasar umrah yang makin menjanjikan. Misalnya saja Garuda Indonesia.

Setelah sebelumnya membuka rute penerbangan langsung dari Banda Aceh ke Timur Tengah, Garuda Indonesia pada Minggu (6/8) meresmikan layanan penerbangan langsung ke Tanah Suci dari Bandara Internasional Kertajati, Majalengka. 

Penerbangan langsung tersebut dilayani melalui rute penerbangan Kertajati - Jeddah  dan sebaliknya. Penerbangan tersebut menggunakan armada B777-300 ER. Pada penerbangan perdana tersebut Garuda Indonesia mengangkut sedikitnya 370 calon jemaah ke Jeddah.

Penerbangan Kertajati-Jeddah dilayani satu kali setiap minggunya yaitu pada hari Minggu dan dioperasikan dengan GA 902 yang diberangkatkan dari bandara internasional Kertajati pada pukul 11.40 WIB dan tiba di bandara internasional King Abdul Aziz pada pukul 17.30 LT.

Sementara itu penerbangan dari Jeddah ke Kertajati akan dilayani dengan GA 903 dan akan diberangkatkan dari bandara internasional King Abdul Aziz  pada pukul 19.30 LT dan akan tiba di bandara internasional Kertajati pada pukul 10.00 WIB.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra mengatakan pembukaan rute penerbangan langsung tersebut merupakan upaya Garuda Indonesia untuk menghadirkan penerbangan langsung menuju Tanah Suci bagi masyarakat Jawa Barat. Selain itu juga bentuk dukungan Garuda terhadap pengembangan bandara Kertajati sebagai hub penerbangan di Jawa Barat.

“Hadirnya penerbangan langsung ke Tanah Suci dari Kertajati ini juga merupakan upaya kami dalam mengoptimalkan peluang pasar umrah yang saat ini terus tumbuh khususnya dari wilayah Jawa Barat.”, jelas Irfan dalam keterangan yang diterima Kontan.co.id, Senin (7/8).

Baca Juga: Garuda Indonesia Resmi Layani Penerbangan Langsung ke Tanah Suci dari Banda Aceh

Sejauh ini, Garuda sudah mengoperasikan penerbangan langsung ke Tanah Suci  melalui lima kota yakni  Banda Aceh, Yogyakarta, Makassar, Surabaya dan Kertajati.

Tak mau kalah, Lion Air juga pada hari Minggu 6 Agustus 2023 membuka penerbangan umrah dari Bandar Udara Internasional Kualanamu. Tak tanggung-tanggung, Lion Air menyediakan rute langsung ke Tanah Suci tersebut seminggu lima kali.  

Lion Air, menurut Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro berharap, layanan tersebut bisa membuat masyarakat di Sumatera Utara bisa lebih mudah dalam menjalankan ibadah umrah tanpa perlu transit.

“Kami juga sudah bekejersama dengan tur travel untuk menyediakan paket perjalanan yang komprehensif,” katanya dalam keterangan, kemarin.

Dalam perjalanan ke Tanah Suci ini, Lion Air menyediakan sejumlah maskapai. Mulai dari Airbus 330-300, Airbus 330-900NEO dan Boeing 737. Selain dari Kualanamu, Lion Air juga sudah membuka penerbangan umrah secara langsung dari beberapa daerah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×