Reporter: Asnil Bambani Amri, Benediktus Krisna Yogatama, Francisca Bertha Vistika | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
JAKARTA. Anda yang tengah berburu mobil sila datang ke pameran ke Indonesia Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014. Tepat pada hari ini, 18 September, pameran mobil terakbar di Indonesia ini resmi dibuka. Seperti biasa, para produsen mobil akan beradu pamer mobil paling gres yang menjadi andalan jualan mereka.
Harapannya: pameran kali ini bisa mengungkit penjualan mobil yang tahun ini diprediksi melesu. Apalagi, rekam jejak membuktikan kalau pameran mobil IIMS mampu mendulang penjualan mobil. IIMS 2013 yang digelar bulan September semisal, mampu mendongkrak penjualan mobil hingga 49% dari penjualan di bulan Agustus 2013. Pun begitu dengan pameran mobil terakbar di 2012 yang juga diadakan di bulan September.
Penjualan mobil melesat hingga 34% dari bulan sebelumnya Adapun pameran otomotif dengan bendera yang sama di tahun 2011 mampu mendorong penjualan mobil hingga 27%.
Jongkie D. Sugiharto, Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gakindo) memperkirakan, pameran IIMS selama 10 hari akan memberikan kontribusi yang lumayan bagi penjualan mobil. "Kontribusi penjualan (IIMS) kira-kira sekitar 1% dari total penjualan tahun ini," kata Jongkie kepada KONTAN, Rabu (17/9).
Itu artinya, dengan target penjualan mobil tahun ini sebanyak 1,25 juta unit, penjualan mobil saat IIMS 2014 hanya sekitar 12.500 unit. Angka ini lebih kecil jika dibandingkan dengan hasil IIMS 2013 yang mencatat penjualan 18.518 unit atau berkontribusi 1,54% dari penjualan sepanjang 2013 sebanyak 1,2 juta unit.
Adalah mobil murah bertajuk low cost green car (LCGC) yang ampuh mendongkrak penjualan para agen penjual mobil. Karena itu, Ketua Panitia IIMS 2014 Johnny Darmawan enggan mengungkapkan target penjualan mobil selama IIMS 2014.
"IIMS bukan sekadar jualan, tapi ajang memamerkan produk dan teknologi baru," kilahnya. Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran Astra Daihatsu Motor bilang, tahun ini, pihaknya tak mau mematok target penjualan. "Kalau ada transaksi akan kami layani. Target kami hanya 450 unit," ujar dia.
Dengan andalan All New X Trail selama IIMS 2014, Steve Ardianto, Presiden Direktur Nissan Motor Indonesia yakin, selama 10 hari akan ada tambahan penjualan 500 unit. "Target bulanan All New X Trail 1.000 unit. Tapi, bulan ini kami targetkan 1.500 ," ujar Steve
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News