Reporter: Leni Wandira | Editor: Putri Werdiningsih
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Periode liburan Natal dan Tahun Baru telah tiba. Ini menjadi angin segar bagi keberlangsungan bisnis ritel di Tanah Air.
Dinas PPKUKM Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan Kementerian Perdagangan, Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo), serta Asosiasi Pengusaha Pusat Belanja Indonesia untuk menyelenggarakan program diskon BINA untuk menyambut periode libur Natal dan Tahun Baru.
Program yang berlangsung mulai 20-29 Desember 2024 ini diharapkan dapat meningkatkan kontribusi nilai transaksi selama periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025 hingga 30% atau senilai Rp 22 triliun.
Baca Juga: TEEG Indonesia Targetkan Kontribusi Momen Nataru 30% Terhadap Pendapatan
"Target kami adalah mencapai nilai transaksi yang setara dengan permintaan sepanjang Ramadan dan Idul Fitri 2024. Ini merupakan langkah besar dalam meningkatkan daya beli masyarakat dan mendongkrak sektor ritel yang berperan penting dalam perekonomian Jakarta," ujar Elisabeth Ratu Rante Allo, Kepala Dinas PPKUKM Provinsi DKI Jakarta pada acara BINA Diskon, Belanja di Indonesia Aja yang digelar pada Senin (16/12).
Selama periode akhir tahun, aktivitas belanja di Jakarta mengalami lonjakan signifikan, dengan banyak mal dan toko yang menawarkan diskon besar. Peningkatan aktivitas konsumen ini tidak hanya menguntungkan bisnis lokal, tetapi juga berkontribusi terhadap perekonomian yang lebih luas, mendorong produksi dan distribusi barang.
"Penjualan besar seperti ini memainkan peran penting dalam mendukung sektor ritel dan ekonomi Jakarta secara keseluruhan. Jakarta memang sudah tidak lagi menjadi ibu kota negara, tetapi tetap menjadi pusat bisnis yang vital bagi perekonomian Indonesia," terangnya.
Baca Juga: Central Park Siap Ramaikan Natal dan Tahun Baru dengan Berbagai Hiburan
Menurut Elisabeth, Jakarta akan terus menjadi pusat perekonomian yang penting, baik untuk konsumen lokal maupun global. Jakarta tetap menjadi pusat perekonomian yang berperan besar dalam penjualan dan konsumsi.
Acara seperti BINA Diskon menjadi salah satu cara Jakarta untuk menarik konsumen, baik domestik maupun internasional, melalui penawaran diskon besar-besaran. Biasanya, acara penjualan besar ini diadakan pada musim liburan atau momen khusus seperti Natal, dengan menarik banyak pembeli yang antusias dengan potongan harga dan berbagai promosi.
Selanjutnya: Liga Voli Korea: Pink Spiders di Ambang Rekor, Mega Bersama Red Sparks Siap Jegal
Menarik Dibaca: Prakiraan Cuaca Jakarta Besok (17/12): Cerah Berawan hingga Hujan Ringan
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News