kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gelar Hari Ritel Nasional, Aprindo gandeng Microsoft untuk digitalisasi ritel dan UKM


Rabu, 10 November 2021 / 17:53 WIB
Gelar Hari Ritel Nasional, Aprindo gandeng Microsoft untuk digitalisasi ritel dan UKM
ILUSTRASI. Kerjasama Aprindo dengan Microsoft untuk digitalisasi ritel dan UMKM.


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) menggandeng Microsoft untuk menggelar rangkaian kegiatan Hari Ritel Nasional 2021 yang jatuh pada tanggal 11 November. Pada kesempat itu, Aprindo dan Microsoft juga merilis microsite serta buku Panduan untuk Ritel dan UMKM Modern dalam upaya mempercepat transformasi digital.

Ketua Umum DPP Aprindo Roy N. Mandey menjelaskan, rangkaian kegiatan Hari Ritel Nasional 2021 digelar secara hybrid dengan mengangkat tema “Ritel Tangguh, UMKM Maju, Indonesia Bangkit”.

Acara ini terdiri dari beragam aktivitas pendidikan dan pelatihan melalui seri webinar, gelaran produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), pemberian apresiasi kepada sosok yang mendorong pertumbuhan dan kemajuan ritel modern, serta aktivitas lowongan kerja.

Dalam kerjasama ini, Aprindo dan Microsoft juga mendorong mengakselerasi transformasi digital peritel dan UMKM melalui perilisan microsite serta buku Panduan untuk Ritel dan UMKM Modern Indonesia, yang dapat diakses melalui tautan https://ritelmodernindonesia.com/.

Microsite dan buku ini berisi berbagai tahapan digitalisasi yang sesuai dengan kebutuhan ritel dan UMKM, serta solusi teknologi yang dapat digunakan untuk mendigitalisasi bisnis ritel dan UMKM di berbagai tahap.

Baca Juga: Penjualan eceran September 2021 diperkirakan turun, Apindo beberkan penyebabnya

"Tahun ini kami menyediakan platform yang lebih luas bagi bisnis ritel untuk saling terkoneksi dan bahkan terhubung dengan konsumen. Melalui rangkaian acara yang akan berlangsung hingga Desember mendatang, kami juga akan memberi lebih banyak solusi digital dan program pemberdayaan bersama berbagai institusi," jelas Roy dalam konferensi pers Hari Ritel Nasional 2021 secara virtual, Rabu (10/11).

Selain dengan Microsoft, Aprindo juga menjalin kerjasama lain, misalnya dengan HALAL Lifestyle Indonesia dalam menyosialisasikan, memperluas akses pasar, dan mempromosikan produk halal Indonesia. Lalu dengan PT Pos Indonesia dalam pengoptimalan jasa pengiriman dan transportasi barang ke berbagai daerah.

Selain itu ada juga kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam penerapan jaminan kehilangan pekerjaan, serta PT Teknologi Plus dalam penyediaan pembiayaan inklusif (P2P lending) yang produktif bagi UMKM.




TERBARU

[X]
×