kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Gencarkan ekspansi, Alibaba Cloud luncurkan berbagai produk dan fitur baru


Kamis, 30 Mei 2019 / 11:26 WIB

Gencarkan ekspansi, Alibaba Cloud luncurkan berbagai produk dan fitur baru


KONTAN.CO.ID - SINGAPURA. Anak usaha Alibaba Group penyedia layanan komputasi awan, Alibaba Cloud mulai melebarkan bisnisnya.

Kali ini, perusahaan asuhan Jack Ma ini merilis produk dan fitur baru yang lewat acara bertajuk Alibaba Asia Pacific Cloud Summit 2019 di Suntec Singapore International Convention & Exhibition Centre, Kamis (30/5).


Presiden Alibaba Group dan Presiden Alibaba Cloud Intelegence International Selina Yuan mengatakan, setidaknya dalam acara ini pihaknya akan merilis lebih dari 10 produk dan fitur.

"Hal ini merupakan komitmen Alibaba Cloud untuk membangun platform yang lebih inklusif dengan para mitranya di Asia Pacific," jelas dia dalam pembukaan acara, Kamis (30/5).

Produk dan fitur baru ini di antaranya, pertama, PolarDB MySQL dan PostgresSQL, teknologi ini menawarkan skalabilitas, dengan arsitektur co-desain hardware-software. Kedua, Alibaba Log Service (SLS) yang memungkinkan pelanggan untuk secara otomatis mengumpulkan log dari seluruh layanan, aplikasi dan layanan masing-masing, terlepas apakah mereka berada di dalam dan di luar awan.

Ketiga, dukungan “Bring Your Own Key” (BYOK): layanan keamanan yang end-to-end, yang menyediakan kontrol enkripsi pelanggan baik pada hardware maupun software,
melindungi data pelanggan pada saat transit dan saat istirahat.

Keempat, SaaS Accelerator, sebuah platform dimana para mitra teknologi dapat dengan mudah membangun dan meluncurkan aplikasi SaaS dan meningkatkan cara bagaimana mengoperasikan bisnis dan teknologi yang sudah teruji pada Alibaba Economy.

Kelima, Software Smart Access Gateway (SAG): sebuah aplikasi untuk klien yang memungkinkan perangkat endpoint seperti telepon genggam, POS dan laptop untuk secara aman terhubung dengan Alibaba Cloud dan pusat data fisik dalam satu klik.

"Jasa ini memberikan simplifikasi penciptaan cluster dan ekspansi serta mengintegrasikan kapabilitas Alibaba Cloud pada virtualisasi, penyimpanan, jaringan, dan keamanan, menyediakan lingkungan yang teruji untuk aplikasi-aplikasi terorganisir pada Kubernetes" lanjut Silena.

Dengan begitu, Alibaba Cloud telah membuka jalan menuju era digital di kawasan Asia Pasifik dengan membangun infrastruktur awan kelas dunia. "Ini adalah misi kami untuk membangun layanan komputasi awan yang inklusif dan akan menggerankan teknologi canggih dalam ekosistem yang saling terintegrasi,” tambah dia.

Salah satunya baru-baru ini Alibaba Cloud telah berkerjasama dengan Adira Finance. Selina berpendapat Alibaba Cloud juga menjadi satu-satunya penyediaan komputasi awan global dengan pusat data lokal.

Apalagi dengan adanya pusat Anti-DDos Scrubbing di Malaysia tahun lalu sebagai bagian dari tambahan pengamanan bagi para mitranya. Tak hanya itu, mitra Alibaba Cloud di Indonesia juga ada Tokopedia dan MNC Grup.


Reporter: Sinar Putri S.Utami
Editor: Herlina Kartika
Video Pilihan

Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0014 || diagnostic_api_kanan = 0.0029 || diagnostic_web = 0.1595

Close [X]
×