kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,60   -28,13   -2.92%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Genjot Pendapatan Hingga Akhir Tahun 2023, Ini Strategi Ramayana Lestari (RALS)


Sabtu, 16 September 2023 / 07:22 WIB
Genjot Pendapatan Hingga Akhir Tahun 2023, Ini Strategi Ramayana Lestari (RALS)
Sejumlah pengunjung memilih pakaian yang dijual di Mal Ramayana, Kudus, Jawa Tengah, Sabtu (16/5/2020). Genjot Pendapatan Hingga Akhir Tahun 2023, Ini Strategi Ramayana Lestari (RALS).


Reporter: Diki Mardiansyah | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Emiten pengelola department store Ramayana, PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS) belum memiliki rencana untuk menambah gerai baru. Meski demikian, bukan berarti perseroan tak berupaya menggenjot pendapatan tahun ini.

Jane Melinda Tumewu, Vice President Director Ramayana Lestari Sentosa mengatakan, RALS akan menyiapkan beberapa strategi, salah satunya memaksimalkan ruang komersial gerai dengan cara merestrukturisasi gerai.

Kemudian RALS juga akan mempertahankan jumlah gerainya, serta menata ulang produk yang disajikan di gerai (re-merchandising). Selain itu juga peremajaan gerai, serta pengendalian biaya operasional secara ketat.

Baca Juga: Menakar Prospek dan Rekomendasi Saham RALS, Valuasi Paling Murah tapi Ditekan Inflasi

Sebagai tambahan informasi saja, Ramayana telah mengoperasikan 103 gerai di seluruh Indonesia dengan total luas lebih dari 900.000 meter persegi (m2). Untuk menjalankan strategi tersebut, RALS telah mengalokasikan belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp 200 miliar di tahun 2023.

Dana tersebut akan digunakan untuk penambahan aset tetap, perpanjangan aset hak guna, serta biaya pemeliharaan. Dana tersebut juga akan digunakan untuk mendukung bisnis Ramayana tahun ini.

Dari sisi penyerapan, sampai akhir semester I-2023 lalu, RALS telah merealisasikan capex sebesar Rp 56,7 miliar atau sekitar 28% dari total alokasi capex.

"Perseroan memperkirakan total capex yang akan dipakai sampai dengan akhir tahun 2023 sebesar Rp 150 miliar," kata Jane saat dihubungi KONTAN, Kamis (14/9).

Baca Juga: Kinerja Ramayana Bergantung Pemulihan Saat Lebaran, Simak Rekomendasi Saham RALS

Nilai capex itu tercatat lebih rendah dari yang dianggarkan oleh RALS pada tahun sebelumnya yang mencapai Rp 300 miliar, meskipun realisasinya hanya Rp 99,0 miliar.




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×