kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45900,36   7,77   0.87%
  • EMAS1.332.000 0,60%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Genjot penjualan, sejumlah APM tawarkan promo dan diskon di akhir tahun


Senin, 06 Desember 2021 / 17:43 WIB
Genjot penjualan, sejumlah APM tawarkan promo dan diskon di akhir tahun
ILUSTRASI. Sales promotion melayani pengunjung di pameran otomotif ./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/22/11/2021.


Reporter: Dimas Andi | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tahun 2021 hampir berakhir. Sejumlah Agen Pemegang Merek (APM) kendaraan bermotor pun bersiap menggelar program promo dan diskon agar konsumen mau membeli mobil-mobil buatan mereka.

PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) misalnya, APM ini menawarkan beberapa bentuk promo di akhir tahun ini. Mengutip situs resmi Nissan.co.id, Nissan menawarkan diskon bunga 0% untuk pembelian produk Nissan Livina, The All-New Nissan Leaf, The All-New Nissan Magnite, dan Nissan Kicks e-Power.

Selain itu, setiap pembelian mobil-mobil yang disebut tadi, maka konsumen juga mendapatkan angsuran ringan, total down payment (TDP) ringan, dan step up cicilan. Lebih lanjut, NMDI juga menawarkan free service & parts 50.000 kilometer/4 tahun untuk Nissan Livina, Nissan Kicks e-Power, dan The All-New Nissan Magnite. Sedangkan untuk The All-New Nissan Leaf, promo yang diberikan adalah free service & pats 50.000 kilometer/5 tahun.

Baca Juga: Punya outlook yang lebih baik, berikut rekomendasi saham Astra International (ASII)

Konsumen yang membeli The All-New Nissan Leaf juga akan mendapat garansi baterai elektrik 160.000 kilometer/8 tahun, sedangkan garansi baterai Nissan Kicks e-Power berlaku untuk 100.000 kilometer/5 tahun.

Head of Marketing Communication Nissan Motor Distributor Indonesia Julian Olmon menyampaikan, antusiasme konsumen cukup besar dalam menyambut program promo dan diskon dari Nissan di penghujung tahun ini. “Permintaan meningkat hingga 50% sejak promo ini ditawarkan,” katanya, Senin (6/12).

Ia juga menyebut, seluruh produk Nissan yang ditawarkan melalui program promo merupakan produk unggulan. Sampai saat ini, kontributor terbesar penjualan APM tersebut berasal dari Nissan Livina dan Nissan Kicks e-Power.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan ritel (dealer ke pelanggan) Nissan tercatat sebesar 5.557 unit di periode Januari-Oktober 2021.

Sementara itu, PT Honda Prospect Motor (HPM) juga menyediakan program promo akhir tahun bertajuk “Honda Joyful Deals” yang berlaku November-Desember 2021.

Dikutip dari situs Honda Indonesia, lewat program ini, Honda menawarkan berbagai keuntungan bagi konsumen, seperti gratis biaya perawatan berkala (jasa dan parts sampai dengan 50.000 kilometer/4 tahun) untuk pembelian Honda Mobilio, Honda BR-V, New Honda CR-V, dan Honda City Hatchback RS.

Khusus untuk konsumen loyalis, pekerja medis, dan pekerja pendidikan yang melakukan pembelian New Honda Brio dan Honda HR-V, maka juga akan mendapat bonus gratis biaya perawatan berkala (jasa dan parts sampai dengan 50.000 kilometer/4 tahun).

Belum cukup, Honda juga memberikan promo akhir tahun berupa additional value untuk pembelian Honda Mobilio dan Honda BR-V hingga Rp 4 juta. Seluruh program ini tentu memiliki syarat dan ketentuan yang berlaku.

Business Innovation and Marketing & Sales Director HPM Yusak Billy menuturkan, sebenarnya diskon atau promo dijalankan oleh masing-masing distributor Honda di tiap daerah dan dapat berbeda tergantung kondisi stok atau suplai produk yang ada.

Pihak HPM pun berupaya memaksimalkan produksi mobil di tengah tantangan berupa keterbatasan pasokan chip semikonduktor. “Ini dilakukan agar konsumen dapat menerima kendaraannya secepat-cepatnya,” ujar dia, Senin (6/12).

Baca Juga: Bebas PPnBM Mobil Akan Dilanjutkan Tahun Depan dan Berbasis Emisi

Sejauh ini, kontributor penjualan Honda berasal dari Honda Brio dengan porsi sekitar 50% dari total penjualan. Asal tahu saja, di periode Januari-Oktober 2021, penjualan ritel Honda telah mencapai 74.480 unit.

Ketua I Gaikindo Jongkie Sugiarto menambahkan, tren penawaran promo dan diskon merupakan hal yang lumrah dilakukan oleh para APM di akhir tahun. Sebab, para APM tersebut ingin menghabiskan stok produk mobil yang tersisa di penghujung tahun. “Atau karena mereka ingin mencapai target penjualan di tahun tersebut,” tukas dia.

Gaikindo sendiri yakin proyeksi penjualan mobil nasional sebanyak 750.000 unit di tahun ini dapat tercapai atau bahkan terlampaui. Hal ini didukung oleh insentif PPnBM otomotif, keberadaan pameran otomotif, hingga program promo dari sejumlah APM di sepanjang tahun 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×