kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45913,59   -9,90   -1.07%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gojek dan Tokopedia kerjasama dukung pelanggan di bulan Ramadan


Kamis, 01 April 2021 / 16:18 WIB
Gojek dan Tokopedia kerjasama dukung pelanggan di bulan Ramadan
ILUSTRASI. Melalui kolaborasi ini, pengguna Tokopedia yang berbelanja pada kategori khusus ?Parsel Ramadan? akan memperoleh layanan eksklusif GoSend. Sepanjang periode 13 April-12 Mei 2021, GoSend akan memberikan gratis ongkir (ongkos kirim) senilai Rp 15.000.


Reporter: Dikky Setiawan | Editor: Dikky Setiawan

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan, Gojek bekerja sama dengan Tokopedia meluncurkan kampanye “Dekatkan yang Jauh, Kirim yang Bermakna”. Kampanye ini bertujuan untuk mendukung masyarakat agar dapat tetap membangun hubungan erat dan bermakna di bulan Ramadan, meski masih berada dalam situasi pandemi. 

Head of Logistics Gojek Steven Halim mengatakan, melalui kolaborasi ini, pengguna Tokopedia yang berbelanja pada kategori khusus “Parsel Ramadan” akan memperoleh layanan eksklusif GoSend. Sepanjang periode 13 April-12 Mei 2021, GoSend akan memberikan gratis ongkir (ongkos kirim) senilai Rp 15.000 yang berlaku untuk wilayah Jabodetabek.

Selain itu, juga gratis ongkir senilai Rp 10.000 untuk seluruh Indonesia di luar wilayah Jabodetabek, dengan minimum pembelanjaan Rp 30.000. Menurut Steven, situasi pandemi Covid-19, telah mendorong terjadinya pergeseran perilaku konsumsi masyarakat, dari offline menjadi online, baik dalam berbelanja, beribadah, maupun bersilaturahmi. 

Pada bulan Ramadan, kata Steven, pihaknya melihat keterbatasan bersilaturahmi secara tatap muka dengan leluasa, justru mendorong masyarakat menjadi lebih kreatif dengan memilih mengirimkan bingkisan kepada teman maupun anggota keluarga. Kondisi ini tercermin dari peningkatan penggunaan layanan GoSend yang mendekati 40% pada Ramadan 2020 dibandingkan tahun sebelumnya. 

Steven menambahkan, kolaborasi ini tidak hanya dapat menghadirkan solusi pengiriman yang cepat, mudah, dan aman bagi pelanggan.

"Tapi juga mendorong pertumbuhan pedagang online sebagai pelaku UMKM yang selama ini telah menjadi motor pemulihan perekonomian Indonesia," kata Steven dalam keterangan resminya, Kamis (4/1). 

Hilda Kitti, VP of Marketing Tokopedia menimpali, di Tokopedia, transaksi parsel makanan melonjak hampir empat kali lipat selama bulan Ramadan tahun 2020 dibanding Ramadan tahun sebelumnya. Hal ini menandakan belanja online semakin menjadi andalan masyarakat. 

Kanal digital pun dimanfaatkan pegiat usaha di Indonesia untuk mempertahankan bisnis terutama saat pandemi. "Ini terbukti dari jumlah penjual di Tokopedia yang bertumbuh signifikan. Dari yang sebelum pandemi berjumlah 7,2 juta menjadi lebih dari 10 juta saat ini dan hampir 100%-nya adalah UMKM," beber Hilda.

Volume penjualan naik

Sementara itu, riset Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM FEB UI) pada 2020 mencatat, 7 dari 10 pelaku usaha di Tokopedia mengalami kenaikan volume penjualan dengan median sebesar 133% selama pandemi.  

Dari catatan Asosiasi Logistik Indonesia (ALI), sektor logistik untuk e-commerce mampu bertumbuh pesat di masa pandemi mencapai 18,1%. Sejalan dengan itu, seluruh layanan logistik Gojek yang terdiri dari GoSend, GoKilat, dan lainnya mencatat pertumbuhan hingga 25% selama tahun 2020. 

Pertumbuhan tersebut didukung oleh perkembangan pesat bisnis UMKM terutama segmen ritel yang memanfaatkan penjualan online dan e-commerce, sehingga berdampak pada peningkatan kebutuhan logistik untuk pengiriman barang dari belanja online. 

Untuk menjaga keamanan dan kesehatan mitra maupun pelanggan selama pandemi, GoSend menerapkan prosedur operasional standar (SOP) khusus yang sejalan dengan prinsip Jaga Kesehatan, Kebersihan, dan Keamanan (J3K) Gojek. 

Dalam SOP tersebut, para mitra GoSend wajib menggunakan atribut pendukung seperti masker dalam menjalankan tugas saat perjalanan maupun bertemu pelanggan, melaksanakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), menjaga jarak sedikitnya satu (1) meter dengan orang lain, serta selalu melakukan desinfeksi kendaraan dan atribut setelah selesai digunakan. 

Selain itu, mitra tidak diperbolehkan bertugas ketika suhu badan di atas normal atau sedang sakit.

Kampanye “Dekatkan yang Jauh, Kirim yang Bermakna” ini juga menghadirkan berbagai penawaran menarik dari sejumlah layanan Gojek, seperti layanan GoFood, GoRide, GoCar, GoMart, GoTix, GoPlay, dan GoClub.

Sebelumnya, Gojek dan Tokopedia telah berkolaborasi dalam berbagai inisiatif. Salah satunya adalah kampanye #SenangnyaInstan yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pengiriman hemat bagi para pengguna layanan logistik Gojek, seperti GoSend, GoSend Portal, GoBox, dan GoShop.

Selanjutnya: Ekonomi digital di Indonesia tumbuh subur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×