kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Golden Energy Mines (GEMS) siapkan belanja modal sekitar US$ 17 juta tahun ini


Rabu, 19 Februari 2020 / 20:16 WIB
Golden Energy Mines (GEMS) siapkan belanja modal sekitar US$ 17 juta tahun ini
ILUSTRASI. PT Golden Energy Mines Tbk (GEMS), anak perusahaan Sinar Mas Group atau Sinarmas di bidang pertambangan batubara.

Reporter: Dimas Andi | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Golden Energy Mines Tbk (GEMS) menyiapkan dana belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar US$ 17 juta pada tahun ini.

Sekretaris Perusahaan GEMS Sudin Sudirman menyampaikan, pihaknya mengalokasikan sebagian capex di tahun ini untuk mendanai kelanjutan penambahan fasilitas pelabuhan dan hauling road. "Sebagian capex juga diperuntukkan sebagai dana operasional rutin GEMS," sambung dia, Rabu (19/2).

Baca Juga: Produksi batubara Golden Energy Mines (GEMS) mencapai 30,8 juta ton di 2019

Ia pun menyebut, sumber dana capex perusahaan di tahun ini sebagian besar berasal dari fasilitas pinjaman PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Sayang, ia tidak menyebut secara rinci total pinjaman yang diperoleh GEMS dari bank tersebut.

Capex yang disediakan GEMS di tahun ini sebenarnya lebih rendah dari realisasi capex di tahun sebelumnya yakni sebesar US$ 23 juta. Setali tiga uang, GEMS menggunakan sebagian capex tersebut untuk pengerjaan proyek pelabuhan dan hauling road. Sedangkan sisanya untuk belanja modal rutin perusahaan.

Baca Juga: Pemerintah buka peluang tingkatkan produksi batubara, ini kata APBI

Sebagai catatan, pada tahun lalu GEMS berhasil memproduksi 30,8 juta ton batubara. Jumlah tersebut tumbuh 36,04% (yoy) dari realisasi produksi di tahun 2018 sebesar 22,64 juta ton.

Adapun di tahun ini, manajemen GEMS membidik produksi batubara sebanyak 27,2 juta ton. Penurunan target produksi ini tak lepas dari penyesuaian yang dilakukan GEMS terhadap target produksi batubara nasional yang dipatok sebesar 550 juta ton pada 2020.





Close [X]
×