kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.541.000   0   0,00%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Grup MNC Media Resmi Sea Games XXVI


Rabu, 19 Oktober 2011 / 23:28 WIB
Grup MNC Media Resmi Sea Games XXVI
ILUSTRASI. Kesuksesan Warren Buffett sebagai investor disebabkan oleh empat faktor berikut. (Photo by Daniel Zuchnik/WireImage)


Reporter: Maria Rosita | Editor: Djumyati P.

JAKARTA. Media televisi pun mengejar prestasi lewat perhelatan olah raga. Salah satunya PT Media Nusantara Citra Tbk. (MNC). Pemilik stasiun RCTI itu menjadi partner resmi Pertandingan Olah Raga se-Asia Tenggara (Southeast Asian Games/ SEA Games) 2011. Menurut Nana Puspa Dewi, Direktur Pengelola Program dan Penjualan MNC, langkah itu sebagai komitmen perusahaan terhadap olah raga. MNC ingin mengulang kesuksesan setelah menayangkan Piala Dunia, Piala AFF, Piala Sudirman, dan cabang olah raga lain.

"Masyarakat Indonesia sangat cinta olah raga, media harus memuaskan itu," kata Nana kepada KONTAN. Menurut dia, tayangan olah raga mendatangkan rating yang bagus. Contohnya, sewaktu menyiarkan Piala AFF 2010, rating Grup MNC mencapai 40% dengan share 80%. Begitu pula pertandingan basket IBL yang sekali penayangan bisa meraih share 26%. Nana pede Grup MNC kembali meraih rating dan pemasukan iklan bagus selama penayangan eksklusif SEA Games 11-22 November 2011.

Nana menjelaskan 9 dari 42 cabang yang disiarkan merupakan olah raga pilihan. Yaitu renang, sepak bola, dan bulu tangkis. Sayang, dia enggan membocorkan target pendapatan iklan ataupun besaran investasi yang disiapkan. Yang pasti perusahaan terus menambah peralatan dan rekrutmen SDM. Grup MNC membeli satellite news gathering, kamera, dan perlengkapan siaran. Sekadar gambaran, harga pasaran satu unit SNG Van Mobile sekitar Rp 3,1 miliar. "Pasti berusaha supaya modal yang keluar tertutupi pendapatan yang masuk, makanya kami jual paket," ujar dia.

Lanjutnya, pertandingan SEA Games tak hanya ditayangkan di RCTI, MNC TV, dan Global TV. Grup juga menyiarkan beberapa laga dan tayangan ulang (re-run) di jaringan televisi berbayar. Penayangan dibagi-bagi supaya bisa siaran langsung dan tidak mengganggu siaran lain yang pendapatan iklannya tinggi. Nah, pengiklan bisa masuk lewat salah satu atau ketiganya. Itu sebabnya Grup MNC berusaha membeli putus hak tayang SEA Games supaya duit keluar lebih efisien tapi hasilnya bagus.

Nana mengakui saat ini sejumlah perusahaan berkomitmen mensponsori SEA Games via Grup MNC. Salah satu pemain utamanya, PT Unilever Tbk. Dia menargetkan Grup MNC meraih pertumbuhan pendapatan di atas industri tahun ini. Yaitu sekitar 20% - 30% dibandingkan tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×