kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gudang logistik semrawut, robot cerdas bisa mengemas paket dengan cermat


Minggu, 14 Juli 2019 / 07:15 WIB
Gudang logistik semrawut, robot cerdas bisa mengemas paket dengan cermat


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tim ilmuwan Universitas Rutgers yang didanai oleh National Science Foundation menggunakan artificial intelligence untuk mengontrol lengan robot yang dapat mengemas kardus sehingga dapat menghemat waktu dan biaya.

Mempekerjakan robot di sektor logistik, ritel, dan warehouse sedang menjadi trend. Namun, di lain sisi, perusahaan masih melakukan cara manual untuk mengambil barang yang dikemas rapat di tumpukan yang tidak rapi. Ini masih menjadi kritik terhadap efisiensi gudang.

Alhasil, mengotomatiskan pekerjaan tersebut penting untuk daya saing perusahaan serta mengurangi jumlah tenaga kasar.

Selama penelitian, para peneliti menggunakan lengan robot untuk memindahkan objek dari tempat sampah ke dalam kardus pengiriman berukuran kecil serta menyusun objek dengan rapat.

Para peneliti mengembangkan software dan algoritma untuk lengan robot. Mereka juga menggunakan data visual dan dua mangkok penyedot sebagai jari untuk mendorong objek tersebut.

Hasilnya, sistem dapat menjatuhkan objek untuk ditangkap permukaan dan menggunakan data sensor untuk menarik objek sampai ke area target dan menekan objek bersama. Sistem ini didesain untuk mengatasi kesalahan dalam pengemasan.

Kajian penelitian para ilmuwan dipublikasikan di IEEE International Conferance on Robotics and Automation, tempat para finalis The Best Paper Award in Automation.

Penelitian didukung oleh The Robust Intelligence program in NSF's Division of Information and Intelligent Systems. Robust Intelligence (RI) meliputi spektrum luas dari komputasi dasar penelitian yang dibutuhkan pengertian dan memperbolehkan sistem intelligence dalam konteks yang kompleks dan realistis.

Sumber : National Science Foundation

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×