kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45989,59   -6,37   -0.64%
  • EMAS998.000 -0,60%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Hadapi Dampak Pandemi, Ini 3 Inisiatif Strategi Bisnis Petrokimia


Minggu, 27 Maret 2022 / 11:43 WIB
Hadapi Dampak Pandemi, Ini 3 Inisiatif Strategi Bisnis Petrokimia
ILUSTRASI. Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengunjungi lokasi proyek Pabrik Soda Ash milik Petrokimia Gresik, Jumat (10/9).


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Petrokimia Gresik menerapkan tiga inisiatif strategi bisnis menghadapi dampak pandemi Covid-19. Ketiga strategi tersebut dieksekusi dengan cepat sehingga memberikan dampak lebih nyata bagi perusahaan.

Dwi Satriyo mengatakan, fokus pada eksekusi adalah kompetensi yang wajib dimiliki oleh semua leader di Petrokimia Gresik. Kompetensi strategis inilah yang menjadikan Petrokimia Gresik selama ini mampu menjadi pioneer dalam beberapa teknologi pertanian di Indonesia.

“Pertarungan bisnis di era sekarang ini tidak sebatas kemampuan operasional perusahaan yang efektif dan efisien, tapi juga tentang ide dan kreativitas. Namun, tanpa kemampuan eksekusi yang baik, ide dan kreativitas sekeren apapun akan menjadi sia-sia," kata  Dwi Satriyo dalam keterangannya, Minggu (27/3). 

Pertama adalah product leadership. Petrokimian Gresik menciptakan produk melalui Phonshka Plus yang mengandung Zinc yang berpotensi meningkatkan panen.

Baca Juga: Petrokimia Gresik Imbau Masyarakat Waspadai Pupuk Tiruan

Kedua, melakukan customer intimacy melalui program Makmur. Lewat strategi ini, perseroan menciptakan ekosistem dengan menghubungkan petani kepada segala bentuk kebutuhan pertanian, mulai dari project leader, pihak asuransi, lembaga keuangan, teknologi pertanian, agro input, offtaker dan pemerintah daerah. Dengan demikian program Makmur mampu menjadi solusi untuk menjawab tantangan yang selama ini dihadapi oleh para petani.

Ketiga, operation excellence dengan mengoptimalkan digitalisasi di semua lini perusahaan. 

Selain menghadirkan kinerja efektif dan efisien, perusahaan menerapkan digitalisasi untuk beradaptasi di tengah pandemi serta mendorong  pengembangan talenta. 

Dwi Satriyo mengatakan, masa depan perusahaan ada di tangan generasi milenial yang jumlahnya saat ini melebihi 60% dari total karyawan di perusahaan.

"Peningkatan jumlah talent milenial yang duduk di posisi grade I dan II perusahaan merupakan salah satu hasil nyata dari keberhasilan program pengembangan talenta di Petrokimia Gresik," ujarnya.

Baca Juga: Petrokimia Gresik dan BUMN Dorong Partisipasi Perempuan Naik Level Top Managemen

Keberhasilan lain yang dirasakan Petrokimia Gresik dalam bidang pengembangan talenta adalah peningkatan hasil assessment, penurunan gap kompetensi, succession plan yang baik, serta hasil survei kepuasan karyawan dan keterikatan karyawan yang meningkat.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×