kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hakaaston Suplai Aspal 2.200 Ton untuk Penyelesaian Tol Trans Jawa Cisumdawu


Minggu, 20 Maret 2022 / 14:21 WIB
Hakaaston Suplai Aspal 2.200 Ton untuk Penyelesaian Tol Trans Jawa Cisumdawu
ILUSTRASI. Pengaspalan jalan dengan produk Hakaaston, anak usaha Hutama Karya.


Reporter: Akmalal Hamdhi | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anak perusahaan PT Hutama Karya (Persero) yakni PT Hakaaston (HKA) akan memasok 2.200 ton aspal untuk memaksimalkan percepatan penyelesaian Tol Trans Jawa ruas Cileunyi – Sumedang –Dawuan atau biasa disingkat Cisumdawu. 

Sebagai kontraktor penyedia aspal, PT Hakaaston (HKA) memastikan optimalisasi produksi untuk kecukupan suplai aspal pada proyek pembangunan Jalan Tol tersebut.

Sebagai informasi, Tol Cisumdawu yang berada di Jawa Barat akan menghubungkan daerah Bandung, Sumedang, dan Majalengka. Jalan tol ini juga merupakan bagian dari jalan tol yang menghubungkan dua kota terbesar di Jawa Barat yaitu Bandung dan Cirebon. Tol ini nantinya akan tersambung dengan Jalan Tol Cikopo – Palimanan.

Direktur Utama Hakaaston J. Aries Dewantoro mengatakan, HKA berkomitmen untuk dapat mendukung tuntasnya proyek yang ditargetkan rampung tahun ini.

“Dari total 6 paket Proyek Pembangunan Tol Cisumdawu sepanjang 62,60 km, HKA telah menyuplai aspal untuk beberapa paket, diantaranya paket 1 dan 2 pada tahun 2020, dan paket 3 pada tahun 2021 dengan total kontrak volume ketiga paket sebesar 16.450 ton. Sementara itu pada tahun 2022 ini, HKA tengah mempersiapkan produksi aspal sebesar 2.200 Ton untuk kebutuhan pekerjaan paket 6 dengan main contractor Girder Indonesia,” ungkap Aries dalam keterangan tertulis yang diterima Kontan.co.id, Minggu (20/3).

Baca Juga: Hakaaston Optimistis dengan Prospek Bisnis Aspal di Tahun Ini

Aries mengatakan, semua paket pekerjaan suplai aspal untuk jalan tol yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Jawa ini dikerjakan oleh Unit Produksi HKA di wilayah Jawa Barat, diantaranya Unit Produksi Palimanan, Unit Produksi Losarang dan Unit Produksi Nagreg.

Ketiganya merupakan Unit Produksi Asphalt Mixing Plant (AMP ) yang memproduksi Hotmix jenis Asphalt Concrete – Base (AC - Base), Asphalt Concrete – Binder Course (AC-BC) dan lapisan aspal beton paling atas Asphalt Concrete – Wearing Course (AC-WC).

Lebih lanjut, Aries bilang, kontrak pekerjaan yang telah didapat HKA pada ruas Tol Cisumdawu ini menambah persentase pendapatan eksternal perusahaan yang juga sejalan dengan target RKAP 2022.

“Saat ini HKA menyasar sejumlah Proyek Strategis Nasional (PSN) dan proyek penggunaan Anggaran Pendapatan Bersih Daerah (APBD) untuk meningkatkan target pendapatan eksternal sebesar 30%,” imbuh Aries.

Hingga saat ini, HKA berupaya untuk terus meningkatkan mutu dan kualitas produk aspal pada setiap produksinya serta melakukan utilisasi alat – alat berat agar pekerjaan bisa sesuai target.

Baca Juga: Hakaaston, anak usaha Hutama Karya genjot pasar eksternal di sisa tahun 2021

Hal tersebut tercermin dari besaran capex HKA yang dianggarkan pada tahun 2022 ini. Capex senilai Rp 54,8 miliar telah dialokasikan untuk investasi alat seperti moulding, peremajaan alat penunjang produksi besi beton, batching plant serta peralatan penunjangnya, hingga alat berat serta kendaraan penunjang proyek.

Adapun, sumber capex tersebut berasal dari dana internal perusahaan dan sumber pembiayaan eksternal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×