kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hankook Tire anggap mobil listrik miliki sejumlah daya tarik bagi konsumen


Rabu, 27 Oktober 2021 / 13:52 WIB
Hankook Tire anggap mobil listrik miliki sejumlah daya tarik bagi konsumen
ILUSTRASI. Ban produksi Hankook Tire untuk kejuaraan balap mobil internasional.


Reporter: Dimas Andi | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hari Listrik Nasional menjadi momentum nasionalisasi perusahaan energi listrik dan gas. Dalam dunia otomotif, listrik menjadi salah satu energi alternatif pengganti bahan bakar minyak. Gagasan tersebut berkembang menjadi inovasi mobil listrik yang sedang menjadi tren saat ini.

Pada hari listrik nasional tahun lalu, pemerintah meresmikan peluncuran Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) guna mendukung percepatan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai atau motor listrik.

Sementara itu, tren mobil listrik di Indonesia sendiri tampak bergerak positif meski belum melesat. Terlihat dari penjualan mobil hybrid dan mobil listrik berbasis baterai yang mencapai 1.874 unit pada semester I-2021, naik sembilan kali lipat dibanding tahun 2020.

Tren ini tentunya didukung produsen mobil global yang gencar memasarkan mobil listrik dengan desain dan fitur canggih serta dukungan pemerintah dalam mendorong investasi mobil listrik serta komponennya di Indonesia.

Baca Juga: Mulai tahun 2022, Indonesia siap produksi 1.000 unit mobil listrik

Menurut produsen ban premium global Hankook Tire, mobil listrik memang punya sejumlah keunggulan dan nilai tambah yang patut dipertimbangkan pengendara.

“Daya tarik mobil listrik adalah kapabilitas mesinnya yang kecil dan suara mesinnya yang senyap. Tetapi, yang paling penting adalah dampaknya bahwa mobil listrik bisa mengurangi emisi karbon,” ungkap Presiden Direktur PT Hankook Tire Sales Indonesia Yoonsoo Shin dalam siaran pers yang diterima Kontan.co.id, Selasa (26/10).

Dalam rangka memperingati Hari Listrik Nasional, Hankook Tire membagikan sejumlah tips dan pengetahuan bagi masyarakat yang berencana untuk membeli mobil listrik.

Pertama, ketahui jenis mobil listrik apa yang Anda inginkan sehingga sesuai dengan budget serta kebutuhan Anda.

Mobil listrik terdiri dari dua jenis utama, yaitu Battery Electric Vehicle (BEV) dan Hybrid (HEV). Jenis Hybrid sendiri terdiri dari Non Plug-In Hybrid dan Plug-in-Hybrid (PHEV), dan belakangan ini ada jenis baru, Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV).

Battery Electric Vehicle menggunakan mesin bertenaga baterai yang bisa diisi ulang di rumah atau alat isi ulang publik. Jenis ini memiliki emisi “0” karena tidak memiliki knalpot sehingga suara mesin pun nyaris tidak terdengar.

Jenis Hybrid merupakan kombinasi tenaga listrik dan tenaga bensin atau solar. Jenis ini memiliki efisiensi terbaik di dalam kota dengan sistem pengereman regeneratif yang bisa mengisi ulang baterai dan tidak perlu di plug-in.

Sementara, Plug-in-Hybrid meski memiliki mode yang sama dengan Hybrid tetap berbeda dalam kapasitas dan cara pengisian tenaganya.

Baca Juga: Kemenperin dorong penerapan peta jalan industri kendaraan listrik dalam negeri




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×