kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45740,21   -13,97   -1.85%
  • EMAS1.007.000 -0,20%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN -0.11%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga unggas kembali anjlok, ini yang dilakukan Kementan


Selasa, 28 Juli 2020 / 19:31 WIB
Harga unggas kembali anjlok, ini yang dilakukan Kementan
ILUSTRASI. Harga Ayam Turun: Peternak memeriksa ayam di Bogor, Jawa Barat, Kamis (29/4). Harga ayam hidup di tingkat peternak anjlok mencapau Rp10.000 per Kilogram, dibawah harga ketentuan pemerintah yang Rp19.000 - Rp21.000 per Kilogram. Hal ini disebabkan stok mel

Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) Kementerian Pertanian tengah berupaya berupaya menstabilkan harga unggas.

Dirjen PKH I Ketut Diarmita mengatakan, salah satu upaya yang dilakukan adalah menghimbau perusahaan perunggasan untuk menyerap  livebird di tingkat peternak UMKM.

Menurut dia, sampai saat ini sudah ada 22 perusahaan perunggasan yang berkomitmen menyerap livebird dari peternak UMKM dengan target  4.11 juta ekor. Menurutnya, realisasi pembelian livebird sejak 21 April hingga 21 Mei  sebanyak 928.833 ekor atau 22,55% oleh 22 perusahaan tersebut.

Baca Juga: BI perkirakan terjadi deflasi 0,03% pada bulan Juli 2020

"Penyerapan livebird tersebut telah terbukti mampu memberikan pengaruh terhadap perbaikan harga livebird," kata Ketut dalam keterangan tertulis, Selasa (28/7).

Menurut dia, atas penyerapan livebird tersebut, harga livebird di tingkat peternak mengalami peningkatan pada Mei 2020.

Ketut pun tak menampik bahwa di awal tahun 2020, kondisi perunggasan nasional tak begitu baik. Pasalnya, harga livebird sempat anjlok sampai rata-rata Rp.13.517 per kg di Pulau Jawa di April. Harga tersebut jauh di bawah Harga Pokok Produksi (HPP)  yang sekitar Rp 15.000 hingga Rp 17.000 per kg.

Adapun, produksi day old chicken (DOC) di Juni berdasarkan data Setting Hatching Record (SHR), sebanyak 186.082.424 ekor dan berpotensi menjadi daging ayam pada bulan Juli sebanyak 205.178 ton. Kebutuhan daging ayam ras bulan Juli 2020 sebanyak 162.465 ton, dengan begitu diperkirakan akan terjadi surplus sebanyak 42.713 ton atau 26,29%.

Menurut Ketut, melihat ini maka laju pertumbuhan produksi DOC final stock akan dikendalikan dengan menyesuaikan produksi berdasarkan permintaan. Dia menambahkan, sejak Januari-April telah dilakukan pengurangan produksi DOC FS melalui cutting telur  hatched egg (HE) , afkir dini Parent Stock (PS) umur sama atau lebih dari 60 minggu dan tunda setting telur HE.

Sementara itu, kementan juga memiliki 3 tahapan untuk menstabilkan perunggasan nasional yakni jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang.

Baca Juga: Ternaknesia catat kenaikan permintaan hewan qurban hampir dua kali lipat

Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak Kementan Sugiono menerangkan, untuk langkah jangka pendek maka data SHR akan dioptimalkan sebagai acuan penyajian data pasokan dan permintaan aktual setiap minggu.  Dengan begitu,  indakan antisipatif berupa pengendalian produksi FS melalui afkir dini PS dapat dilakukan secara cepat.

"Penyerapan livebird dari peternak UMKM oleh mitra perusahaan perunggasan dan penugasan BUMN juga akan ada saat supply berlebih dan harga livebird di bawah HPP," kata Sugiono.

Lebih lanjut, Sugiono pun mengatakan akan  mengawal penyimpanan dan distribusi daging beku (karkas) dari cold storage untuk menstabilkan harga daging ayam di tingkat konsumen.

"Kami juga menghimbau peternak eksternal (mandiri) agar segera melakukan Standing Order (SO) DOC FS kepada pembibit untuk 3-4 minggu kedepan. SO sebagai acuan produksi DOC FS, pembibit melakukan setting telur HE berdasarkan SO untuk eksternal dan internal farm," kata sugiono.

Dilakukan pula audit kinerja farm PS aspek kesesuaian Good Breeding Practices (GBP) sekaligus pembinaan aspek manajemen dan biosecurity breeding farm untuk meningkatkan performa dan efisiensi. Bahkan, kementan pun akan berupaya menyelesaikan revisi Permentan nomor 32 Tahun 2017.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×