kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,57   -4,45   -0.50%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

HDMI dan Abbasource selenggarakan kompetisi desain terbaik produk meja dan kursi


Senin, 23 September 2019 / 17:35 WIB
HDMI dan Abbasource selenggarakan kompetisi desain terbaik produk meja dan kursi


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Himpunan Desainer Mebel Indonesia (HDMI) bekerja sama dengan Abbasource.com menyelenggarakan kompetisi desain Open Call Indonesia Creation (OCIC) 2019.

Kompetisi ini bertujuan untuk mencari desain-desain terbaik untuk produk meja dan kursi dari desainer mebel Indonesia. Pada nantinya, karya yang terpilih sebagai karya terbaik akan dijual produk dan karyanya di pameran Salone del Mobile 2020.

Untuk diketahui, Salone del Mobile merupakan pameran furnitur berskala dunia yang di adakan di Milan, Italia. Setiap tahunnya, pameran ini dihadiri oleh lebih dari 370.000 pengunjung, 2.300 perusahaan global, serta 5.000 jurnalis nasional dan internasional.

Baca Juga: Gema Grahasarana (GEMA) berupaya menangkap peluang pasar ekspor

Ketua Kurator OCIC 2019, Diana Nazir menjelaskan bahwa desainer baru kerap kesulitan dalam memasarkan dan mengkomersialisasi karyanya lantaran menghadapi persoalan biaya.

Oleh karenanya, melalui kompetisi ini HDMI bersama Abbasource akan bekerja sama untuk memfasilitasi desainer-desainer ini dalam mengatasi permasalahan tersebut.

“Jadi tim abbasource sendiri nanti yang akan memproduksi dan menginkubasi bersama teman-teman HDMI ini sehingga desainer ini tidak harus memikirkan modal,” ujar Diana dalam acara Konferensi Pers OCIC 2019 pada Senin (23/9).

Baca Juga: Sejumlah emiten kayu menyambut rencana pemerintah dorong ekspor kayu dan mebel

Desainer dan maker yang berminat untuk mengikuti kompetisi ini dapat mendaftarkan karya dan produk jadinya melalui portal www.abbasource.com. Kompetisi ini terbuka baik bagi anggota HDMI maupun calon peserta yang belum terdaftar sebagai anggota HDMI.

Dalam hal ini, peserta yang belum terdaftar sebagai anggota HDMI akan secara otomatis terdaftar sebagai anggota setelah mengisi form dan melengkapi ketentuan yang tercantum di dalam portal.

Karya-karya yang masuk akan diseleksi oleh tim kurator yang terdiri dari dari praktisi desain seperti Fabianus K dan Noel Febry dari HDMI serta Principal Designer Artura Studio, Diana Nazir.

Baca Juga: Eksportir furnitur dinilai kurang jeli memanfaatkan peluang perang dagang AS-China

Aspek-aspek penilaian yang akan dilihat dalam proses seleksi antara lain meliputi aspek estetika ergonomi, dan juga aspek teknis seperti aspek produksi dan harga.
Kompetisi ini dibuka mulai dari hari ini hingga 15 Oktober 2019 mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×