kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45930,39   2,75   0.30%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Holding BUMN percetakan dan media segera terbentuk?


Kamis, 25 Juli 2019 / 18:07 WIB
Holding BUMN percetakan dan media segera terbentuk?


Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tengah menggodok rencana pembentukan holding perusahaan percetakan media.

Holding tersebut terdiri dari Perum LKBN Antara, Perum Percetakan Negara RI (PNRI), PT Balai Pustaka, Perum Produksi Film Negara (PFN) dan Perum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri).

Baca Juga: Pelni gaet Bank Mandiri untuk layanan corporate spending card di 119 Terminal Point

Sinergi ini akan memberikan kekuatan modal dan sumber daya yang dimiliki masing-masing BUMN untuk menjadi kekuatan yang lebih besar. Sejauh ini, BUMN yang berada dalam klaster media atau National Publishing News Coorporation (NPNC) mengaku sudah siap bergabung secara internal.

Achmad Fachrodji, Direktur Utama PT Balai Pustaka menyampaikan rencana pembentukan holding masih dalam pembahasan. Yang jelas, Ia menyampaikan kesiapannya untuk menyambut pembentukan holding BUMN Percetakan Media tersebut.

"Kami sedang ada Forum Group Discussion (FGD) holding percetakan dan media. Masih dalam pembahasan, kesiapan Balai Pustaka sudah siap 1000%," ujarnya kepada Kontan.co.id, Kamis (25/7)

Baca Juga: Ini Alasan Iwan Margana Jagokan Mantan Menteri BUMN Sugiharto sebagai Dirut Jababeka

Dengan bergabungnya Balai Pustaka ke dalam holding, nantinya akan banyak keuntungan bagi pihaknya. Hanya saja, dirinya belum mau membeberkan secara detil karena saat ini masih dalam tahap pembahasan.

"Secara internal Balai Pustaka sendiri sudah siap sekali menyambut rencana ini," lanjutnya.

Sementara itu, Peruri yang disebut-sebut akan menjadi pemimpin holding juga enggan memberikan informasi lebih lanjut. Manajemen saat ini juga belum mau membeberkan progres pembentukan holding BUMN percetakan dan media.

Baca Juga: Holding BUMN Farmasi Belum diputuskan, KAEF dan INAF Sulit Jadi Induk premium

"Sebaiknya menghubungi Kementerian BUMN, (Holding) itu kewenangan Kementerian BUMN," tutup Eddy Kurnia, Head of Corporate Secretary and Strategic Planning Peruri.

Sayang sampai dengan berita ini diturunkan, Kontan belum mendapatkan respon dari Kementerian BUMN. Yang jelas, wacana holding BUMN percetakan dan media sendiri bukan barang baru, Kementerian BUMN pada awal tahun ini juga kembali mengutarakan niatan tersebut.

Baca Juga: Pembentukan holding BUMN farmasi molor, hingga saat ini belum terealisasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×