Reporter: Dimas Andi | Editor: Wahyu T.Rahmawati
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Honda Prospect Motor (HPM) memperkenalkan model-model elektrifikasi terbarunya pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024. Salah satu di antaranya yaitu Honda e:N1, yang diperkenalkan sebagai mobil listrik Honda pertama yang akan dipasarkan di Indonesia.
Honda e:N1 rencananya akan diluncurkan di Indonesia pada tahun 2025 mendatang. Sebelumnya, mobil SUV listrik ini sudah dipasarkan di China dan Eropa pada tahun 2023, dan kemudian diluncurkan di Thailand pada awal tahun 2024 lalu. Selain mengedepankan mesin listrik yang bertenaga sekaligus ramah lingkungan, Honda e:N1 juga mengusung berbagai teknologi terdepan seperti Honda Sensing dan Honda Connect.
Pada ajang GIIAS kali ini, Honda juga menampilkan Honda STEP WGN e:HEV yang merupakan mobil Upper MPV Honda yang menggunakan teknologi hybrid terbaru yang efisien, bertenaga, sekaligus ramah lingkungan.
Honda STEP WGN e:HEV merupakan pengembangan dari model legendaris STEP WGN yang sudah dipasarkan di Jepang sejak tahun 1996. Tampilnya Honda STEP WGN e:HEV merupakan inisiatif Honda untuk terus mempelajari kebutuhan konsumen di berbagai segmen di Indonesia.
Baca Juga: Ekonomi Lemah, Ekspor Mobil Lesu
Tak hanya itu, Honda juga menghadirkan dua model konsep yaitu SUSTAINA-C Concept dan Honda Pocket Concept yang untuk pertama kalinya di kawasan Asia Tenggara.
Kedua produk konsep ini merupakan produk mobilitas berupa mobil listrik dan motor listrik berukuran kecil, yang dirancang untuk memungkinkan penggunanya bepergian ke mana saja dengan mudah, bersih, sekaligus memberikan performa dan tampilan yang menyenangkan. Tidak hanya bebas emisi karbon, model konsep ini juga dibuat menggunakan bahan daur ulang resin akrilik yang ramah lingkungan.
Sebagai bagian dari visi Honda untuk solusi mobilitas ramah lingkungan yang lebih luas, Honda juga menampilkan Honda Motocompacto. Produk ini merupakan skuter kompak yang menawarkan kepraktisan dalam hal mobilitas dengan desain yang ramping, mudah dilipat dan bebas emisi. Seluruh pengunjung dapat merasakan secara langsung pengalaman atraktif mengendarai Honda Motocompacto selama GIIAS 2024.
Shugo Watanabe, President Director Honda Prospect Motor mengatakan, selama 75 tahun Honda telah menjadi perusahaan mobilitas terbesar di dunia yang terus mengembangkan berbagai teknologi untuk memenuhi kebutuhan konsumen dunia yang sangat beragam, termasuk di Indonesia.
Baca Juga: Ekspor Mobil Indonesia Lesu, Terimbas Pelemahan Ekonomi Global
"Berbagai model istimewa yang kami tampilkan di GIIAS kali ini menunjukkan komitmen kami untuk terus menjadi bagian dari kehidupan konsumen, menghadirkan teknologi yang mempermudah kehidupan, dan sesuai dengan kebutuhan konsumen dari saat ini hingga ke masa depan," ungkap dia dalam siaran pers, Rabu (17/7).
Selain memproduksi produk-produk otomotif secara global, Honda selama ini juga mengembangkan berbagai teknologi mulai dari power products, robotik, kapal laut, hingga pesawat terbang.
Untuk mencapai visi netralitas karbon secara global pada tahun 2050, Honda juga selama ini telah mengembangkan berbagai teknologi mesin ramah lingkungan, mulai dari mesin berbahan bakar bensin, hybrid, baterai listrik, hingga hydrogen fuel cell.
Tak hanya menampilkan teknologi elektrifikasi terbaru, pada GIIAS kali ini Honda juga menghadirkan berbagai lini produk yang telah menjadi favorit dari konsumen di Indonesia.
Dengan mengusung tema “Dreams in Motion”, mobil-mobil Honda dihadirkan bersama dengan display dan aktivitas menarik yang menunjukkan gaya hidup penggunanya, sekaligus cerita dari banyak konsumen yang telah menggunakan mobil Honda dalam berbagai aktivitas dan keseharian mereka.
Baca Juga: Tak Terdampak Restrukturisasi, Produksi Mobil Honda di Indonesia Berjalan Normal
Yusak Billy, Sales & Marketing and After Sales Director Honda Prospect Motor menjelaskan, sejak hadir pada tahun 1970-an atau lebih dari 50 tahun di Indonesia, produk-produk Honda telah melengkapi kebutuhan konsumen yang beragam, mulai dari anak-anak muda pembeli mobil pertama, para keluarga, hingga mereka yang telah mapan dan mencapai kesuksesan.
"Tema ‘Dreams in Motion’ merupakan perayaan pencapaian dalam kehidupan, bukan hanya untuk Honda, tetapi juga semua konsumen yang telah mempercayakan produk Honda dalam mewujudkan impian mereka," terang dia.
Sejalan dengan tema booth Honda yang menggambarkan berbagai tahapan hidup konsumen bersama mobil pilihannya, display di booth Honda dimulai dengan area Honda Brio yang digambarkan seperti sebuah garasi mobil balap sesuai dengan gaya anak muda menggemari aktivitas balap.
Khusus pada ajang GIIAS 2024, New Honda Brio RS juga hadir dalam varian Special Edition yang menawarkan Head Unit baru berukuran 8 inch untuk memberikan pengalaman berkendara yang semakin menyenangkan. Selain Honda Brio, di area ini juga terdapat Honda City Hatchback RS yang kini hadir dengan New Premium Audio System dari JBL yang memberikan suara lebih jernih dan untuk konsumen di perjalanan.
Bergeser ke area selanjutnya, Honda WR-V ditampilkan di sebuah studio foto yang menggambarkan kehidupan para “hustlers” atau pejuang karir dalam meraih impian dan cita-citanya. Tak hanya melihat mobil, pengunjung di area ini juga dapat mengikuti aktivitas menarik yaitu instax photo challenge.
Baca Juga: Ada Restrukturisasi Produksi di Thailand, Honda Pastikan Bisnisnya di Indonesia Aman
Pengunjung juga dapat berfoto mengabadikan moment hangatnya bersama dengan keluarga saat mengunjungi display New Honda BR-V N7X Edition. Area untuk mobil keluarga Honda ini dirancang menarik dengan desain seperti area piknik keluarga modern, menggambarkan karakternya sebagai mobil 7-seater yang cocok untuk bepergian bersama keluarga namun tetap menghadirkan desain yang stylish.
Menampilkan karakter mobil stylish lainnya, area display Honda HR-V dirancang seperti sebuah galeri fesyen dengan berbagai instalasi interaktif yang dapat dinikmati pengunjung. Di GIIAS kali ini, Honda HR-V yang telah menjadi ikon mobil stylish tampil berbeda dengan aksesoris Mugen yang memberikan kesan lebih sporty dan agresif pada eksterior dan interiornya.
Area display All New Honda CR-V RS e:HEV dan All New Honda Accord RS e:HEV menggambarkan pencapaian di tingkat selanjutnya dalam hidup konsumen maupun secara teknologi produk.
Kedua produk flagship dari Honda ini mengusung teknologi hybrid canggih yang efisien, ramah lingkungan, sekaligus perasaan bebas khawatir dalam setiap perjalanan. Pada area ini pengunjung juga dapat mengikuti permainan Mini Golf yang menyenangkan sekaligus berkesempatan mendapatkan hadiah menarik.
Menambah keseruan di booth, kali ini Honda berkolaborasi dengan Hot Wheels untuk menampilkan berbagai aktivitas dan produk-produk diecast legendaris Honda. Di area ini, tampil model legendaris Honda Civic Type R yang serupa dengan versi Hot Wheels-nya. Di ajang GIIAS kali ini, Hot Wheels juga akan meluncurkan edisi khusus dari salah satu model legendaris Honda pada tanggal 20 Juli 2024.
Sementara untuk memberi nilai lebih bagi konsumen yang melakukan pembelian di ajang GIIAS 2024, Honda juga menyiapkan berbagai program penjualan menarik. Kali ini, Honda menawarkan berbagai program pembiayaan ringan seperti: DP ringan mulai 10%, Bunga rendah mulai 0%, Cicilan ringan mulai 10%, tenor hingga 7 tahun, lucky dip dengan total hingga ratusan juta rupiah, program trade in mobil Honda, direct gift free voucher untuk service & parts serta grand prize paket liburan ke Dubai.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News