kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45689,33   17,20   2.56%
  • EMAS917.000 0,11%
  • RD.SAHAM 0.85%
  • RD.CAMPURAN 0.47%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.24%

Honda Prospect Motor akan hentikan produksi selama 14 hari terdampak corona


Selasa, 07 April 2020 / 16:13 WIB
Honda Prospect Motor akan hentikan produksi selama 14 hari terdampak corona
ILUSTRASI. Produksi Mobil Honda: Produksi mobil Honda di Pabrik PT. Honda Prospect Motor, Karawang, Jawa Barat, Selasa (26/3). KONTAN/BAihaki/26/3/2019

Reporter: Muhammad Julian | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Honda Prospect Motor (HPM) akan menghentikan kegiatan produksinya di Pabrik berkapasitas 200.000 unit per tahun yang berlokasi di Karawang selama 14 hari mulai tanggal 13 April 2020 mendatang.

Keputusan ini salah satunya diambil atas dasar pertimbangan kondisi pasar otomotif yang di dalam negeri yang tengah lesu di tengah-tengah wabah virus corona (COVID-19).

“Pada dasarnya kami harus menyesuaikan tingkat produksi kami dengan permintaan pasar,” kata Yusak Billy, selaku Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) ketika dihubungi oleh Kontan.co.id pada Selasa (7/4).

Baca Juga: Penjualan mobil Honda turun 11% gara-gara pandemi corona

Lebih lanjut, Yusak mengungkapkan bahwa gangguan bisnis akibat corona sudah mulai berimbas pada penjualan mobil Honda. Pada Maret 2020 lalu, Honda membukukan penjualan ritel sebanyak 10.657 unit. Angka ini turun sekitar 30% dibandingkan penjualan Maret 2019 lalu yang mencapai 15.179 unit.

Dengan adanya penghentian produksi sementara, maka realisasi produksi mobil Honda diperkirakan berkurang setengah dari rencana volume produksi semula yang dicanangkan sebelumnya.

Meski begitu, Yusak memastikan bahwa stok ketersediaan unit yang ada akan mampu memenuhi permintaan pasar domestik maupun ekspor selama Honda berhenti beroperasi sementara. Beberapa rencana ekspor seperti misalnya ekspor komponen serta ekspor utuh alias completely built up (CBU) Honda Brio diklaim masih berjalan sesuai rencana.

Baca Juga: Dampak virus corona, Suzuki Indomobil setop produksi dua pekan

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×