Reporter: Margareta Engge Kharismawati | Editor: Asnil Amri
JAKARTA. PT Astra Honda Motor (AHM) selaku pemegang merek sepeda motor Honda di Indonesia giat memperkuat bisnis di segmen sepeda motor matik retro. Di tahun 2013 ini, produsen sepeda motor asal Jepang menargetkan pangsa pasar 70% di segmen sepeda motor matik.
"Sekarang ini pangsa pasar kami di segmen sepeda motor matik retro 63%," kata Margono Tanuwijaya, Direktur Marketing PT AHM di Jakarta, Rabu (6/2). Margono memperkirakan, tahun 2013 pertumbuhan penjualannya bisa tumbuh hingga 5% lagi.
Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI) tahun 2012 lalu, total penjualan sepeda motor mencapai 7.064.457 unit, turun 11,8% dibandingkan tahun 2011 yang berhasil menembus 8.012.540 unit.
Sedangkan, pasar sepeda motor matik retro tercatat sekitar 5% atau sekitar 350.000 unit. Adapun motor yang dimiliki AHM di segmen sepeda motor matik retro adalah Honda Scoopy.
Sejak pertama kali diluncurkan Mei 2010 hingga tahun 2012 lalu, motor Scoopy sudah terjual terjual 498.270 unit. Agar penjualan bisa membumbung lagi, hari ini AHM meluncurkan New Honda Scoopy-FI dengan mesin teknologi injeksi PGM-FI yang lebih irit bahan bakar.
"Harapan kita dengan New Honda Scoopy-FI ini dapat memperbesar pangsa pasar kita," tandas Margiono.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News