kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hutama Karya targetkan tiga ruas tol Trans Sumatra beroperasi penuh pada 2018


Kamis, 21 Juni 2018 / 19:46 WIB
Hutama Karya targetkan tiga ruas tol Trans Sumatra beroperasi penuh pada 2018
ILUSTRASI. PEMBANGUNAN TOL BAKAUHENI-TERBANGGI BESAR


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Hutama Karya (HK) terus melanjutkan pengembangan Tol Trans Sumatra. Tahun ini, perusahaan konstruksi pelat merah ini menargetkan bisa mengoperasikan sepenuhnya tiga ruas tol yaitu Bakauheni-Terbagi Besar, Palembang-Indralaya, dan Medan-Binjai.

Putut Ariwibowo, Direktur Pengembangan Usaha Hutama Karya mengatakan, tol Palembang-Indralaya baru beroperasi dan dikenakan tarif sepanjang tujuh kilometer (km) dari Palembang hingga Pamulutan. Sementara 15 km lagi masih dalam proses pembangunan tetapi sudah digunakan secara fungsional untuk melayani perjalanan mudik dan balik Lebaran 2018.

"Mudah-mudahan tol Palembang-Indralaya sepanjang 22 km sudah tersambung dan beroperasi akhir tahun ini," kata Putut pada Kontan.co.id di Jakarta, Kamis (21/6).

Volume lalu lintas di jalan tol tersebut pada saat angkutan Lebaran 2018 cukup bagus melampau target perusahaan. Putut bilang, traffic kendaraan mencapai 13.000, tiga kali lipat dari perkiraan perusahaan sebelumnya yakni 4.000 kendaraan.

Peningkatan volumen kendaraan itu terjadi karena jarak tempuh dari Palembang ke Indralaya hanya membutuhkan waktu 15 menit lewat tol dari sekitar tiga sampai empat jam jika menggunakan jalur arteri. "Pengguna tol banyak sekali karena jauh sekali meningkat waktunya. Sehari sekarang mereka bisa bolak-balik dua kali dari Palembang-Indralaya," ungkap Putut.

Selain Palembang-Indralaya, HK juga menargetkan akan mengoperasikan tol Bakauheni-Terbagi Besar sepanjang 180 km. Saat ini, pembebasan lahan jalan tol ini sudah rampung, sementara progres konstruksi sudah 80%.

Saat ini, Tol Trans Sumatra yang sudah beroperasi sudah mencapai 31,4 km. Diantaranya tol Medan-Binjai Seksi 2 Semayang-Helvetia dan Seksi 3 Binjai-Semayang sepanjang 10,5 km, Palembang -Indralaya seksi Palembang-Pamulutan 7 km, tol Bakauheni-Terbanggi Besar terdiri dari Pelabuhan Bakauheni ke Simpang Susun (SS) Bakauheni 8,9 km dan SS Lematang menuju SS Kotabaru 5 km.

Adapun tol Medan-Binjai yang belum beroperasi tinggal di seksi I sepanjang 2,7 km. Namun tol tersebut sudah difungsionalkan saat Lebaran 2018 kemarin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×