kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45825,80   0,58   0.07%
  • EMAS1.028.000 0,19%
  • RD.SAHAM 0.38%
  • RD.CAMPURAN 0.16%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.09%

IA-CEPA berlaku, Pan Brothers (PBRX) bakal tingkatkan penjualan ekspor ke Australia


Senin, 06 Juli 2020 / 16:39 WIB
IA-CEPA berlaku, Pan Brothers (PBRX) bakal tingkatkan penjualan ekspor ke Australia
ILUSTRASI. Pekerja tengah menyelesaikan produksi masker dan alat pelindung diri (APD) di Pabrik Tekstil PT Pan Brothers Tbk, Banten, Senin (20/4/2020). PT Pan Brothers Tbk mampu memproduksi 1 juta masker yang bisa dicuci ulang atau washable dan dipastikan menggunaka

Reporter: Muhammad Julian | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Produsen garmen, PT Pan Brothers Tbk (PBRX) ingin memperkuat penjualan garmen ke Australia. Rencana ini didasarkan pada adanya peluang pasar yang lebih baik di Negeri Kangguru pasca berlakunya perjanjian Kerja Sama Ekonomi Komprehensif Indonesia-Australia (IA-CEPA).

Anne Patricia Sutanto, Wakil Direktur Utama PBRX mengatakan, berlakunya ketentuan perjanjian IA-CEPA akan membuat produk-produk garmen dalam negeri menjadi lebih kompetitif untuk bersaing dengan produk-produk garmen dari pemasok lainnya.

Baca Juga: Pasar lesu, ini strategi SLJ Global (SULI) kejar target penjualan tahun ini

“(IA-CEPA) membuat produk Indonesia lebih appealing untuk pasar Australia, sehingga bisa meningkatkan market share Indonesia di Australia,” ujar Anne saat dihubungi Kontan.co.id, Senin (6/7).

Seperti diketahui, perjanjian IA-CEPA mulai berlaku sejak Minggu (5/7) lalu. Dalam wawancara Kontan.co.id sebelumnya, Ni Made Ayu Marthini selaku Direktur Perundingan Bilateral Kementerian Perdagangan menyebutkan bahwa barang-barang Indonesia yang masuk ke Australia tidak akan dikenai bea masuk. 

Sebagai perbandingan, sebelumnya produk-produk pakaian jadi yang masuk ke pasar Australia dikenai bea masuk dengan besaran yang beragam. Catatan Anne, besaran bea masuknya bisa mencapai di atas 5%. Namun kalau dirata-ratakan, besaran bea masuknya berkisar 5%.

Baca Juga: Hipmi: Alih teknologi dalam kerja sama IA-CEPA harus jalan

Untuk meningkatkan penjualan ke Australia, rencananya PBRX bakal memperbesar volume penjualan kepada pembeli eksisting serta menambah 1 hingga 2 pembeli baru lagi. Namun demikian, rencana tersebut belum akan dilakukan pada tahun ini menimbang kondisi yang ada saat ini.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×