kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45865,35   3,68   0.43%
  • EMAS1.361.000 -0,51%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

ID FOOD Tingkatkan Produksi Gula di Musim Giling Tebu 2024


Jumat, 07 Juni 2024 / 16:43 WIB
ID FOOD Tingkatkan Produksi Gula di Musim Giling Tebu 2024
Pabrik Gula (PG) Jatitujuh milik ID FOOD.


Reporter: Vina Elvira | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Holding BUMN Pangan ID FOOD menargetkan produksi gula dari musim giling tahun 2024 sebesar  296 ribu ton. Target produksi tersebut meningkat 12% jika dibandingkan produksi tahun 2023 yang mencapai 262 ribu ton.

Pabrik Gula (PG) milik ID FOOD sendiri telah memulai musim giling gula 2024 secara bertahap. Beberapa pabrik gula tersebut adalah PG Tersana Baru, PG Sindanglaut, dan PG Jatitujuh yang berlokasi di provinsi Jawa Barat serta PG Redjo Agung Baru, PG Krebet Baru, dan PG Candi Baru di provinsi Jawa Timur.

Baca Juga: Erick Thohir Rombak Direksi ID FOOD, Sis Apik Wijayanto Ditunjuk Sebagai Dirut

Direktur Utama Holding Pangan ID FOOD Sis Apik Wijayanto mengatakan, target sebesar 296 ribu ton tersebut berasal dari jumlah tebu tergiling sebanyak 3,92 juta ton tebu di lahan seluas 55,8 ribu ha.

Adapun, tingkat produktivitas ditargetkan sebesar 70,1 ton/ha dengan target rendemen sebesar 7,57%.

“Terkait capaian rendemen, kami menargetkan tahun ini 7,57% atau meningkat dari capaian tahun lalu sebesar 7,37%,” ujar Sis Apik dalam keterangan resmi, Jumat (7/6). 

Ia menjelaskan, target produksi gula tersebut diharapkan dapat tercapai melalui optimalisasi produksi di 6 PG yang dikelola tiga anak Perusahaan dengan total kapasitas giling sebesar 27.974 Ton Cane per Day (TCD). 

Baca Juga: Harga Gabah Petani Anjlok, Kementan Minta BUMN Pangan Maksimalkan Penyerapan

“Saat ini terdapat 6 PG yang aktif melaksanakan giling, 3 PG berlokasi di Jawa Barat dikelola oleh PT PG Rajawali II, 3 PG berlokasi di Jawa Timur, di mana 2 PG dikelola PT PG Rajawali I dan 1 PG dikelola PT PG Candi Baru,” jelasnya. 

Untuk wilayah Jawa Barat, ID FOOD melalui PT PG Rajawali II yang mengelola PG Tersana Baru, PG Sindanglaut, dan PG Jatitujuh menargetkan produksi gula sebesar 84,8 ribu ton, atau meningkat 48% dari capaian tahun sebelumnya sebesar 57,2 ribu ton. 

Sedangkan di wilayah timur, PT PG Rajawali I yang mengelola PG Redjo Agung Baru di Madiun dan PT Krebet Baru di Malang, pada tahun ini menargetkan produksi gula sebesar 181 ribu ton, atau meningkat dari capaian tahun sebelumnya sebesar 174 ribu ton. Perusahaan ini telah memulai giling secara serentak pada 14 Mei.

Sementara itu, PT PG Candi Baru yang telah memulai giling pada 15 Mei menargetkan produksi gula sebesar 30,6 ribu ton, dengan jumlah tebu digiling sebanyak 411 ribu ton yang diproduksi dari areal seluas 5,3 ribu ha.

Baca Juga: ID Food Ekspor Etanol Farmasi ke Belanda

Lebih lanjut, Sis Apik mengatakan, giling tebu adalah momen yang sangat penting dalam sektor industri gula. Kegiatan ini diharapkan dapat menjaga pasokan dan berkontribusi signifikan bagi pemenuhan kebutuhan gula dalam negeri serta penguatan ekosistem gula dari hulu hingga hilir.

Ia berharap, dengan sejumlah persiapan dan pembenahan yang sudah dilakukan, kinerja PG ID FOOD Group pada musim giling 2024 ini lebih baik dari tahun sebelumnya yang ditandai peningkatan produksi dan rendemen. 

“Peningkatan target produksi tersebut merupakan bagian dari komitmen kami dalam mendukung percepatan swasembada gula sesuai Perpres Nomor 40 Tahun 2023, tentang Percepatan Swasembada Gula Nasional dan Penyediaan Bioetanol sebagai Bahan Bakar Nabati,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×