kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45889,80   -6,05   -0.68%
  • EMAS1.327.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

IFEX 2024 Digelar Mulai 29 Februari, Ada 68 Negara Daftar Sebagai Buyers


Kamis, 25 Januari 2024 / 14:31 WIB
IFEX 2024 Digelar Mulai 29 Februari, Ada 68 Negara Daftar Sebagai Buyers
ILUSTRASI. Selain menampilkan produk furnitur & kerajinan berkualitas, Indonesia International Furniture Expo (IFEX) juga menggelar seminar & awarding serta memberikan peluang kepada para peserta untuk berinteraksi langsung di Buyers Lounge.


Reporter: Rashif Usman | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Industri mebel dan kerajinan masih menjadi salah satu industri kreatif dari Indonesia yang menyumbang nilai ekspor cukup signifikan.

Namun sayangnya industri mebel dan kerajinan tengah menghadapi tantangan karena melemahnya pasar ekspor mebel Indonesia di tahun 2023. 

Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) mencatat, data ekspor mebel dan kerajinan pada semester III-2023 hanya mencapai US$ 1,8 miliar atau turun 28% dibanding tahun 2022 sebesar US$ 2,5 miliar.

Penurunan kinerja ini disebabkan oleh kondisi geopolitik dan inflasi yang tengah melanda pasar global. 

Baca Juga: Kemenperin Ungkap Sejumlah Strategi Mengangkat Kinerja Industri Furnitur

Kendati demikian, Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) tetap optimis industri mebel dan kerajinan akan bertumbuh pada tahun ini.

Salah satunya melalui pameran mebel dan kerajinan terbesar di Indonesia, Indonesia International Furniture Expo (IFEX).

IFEX kembali diselenggarakan pada tanggal 29 Februari hingga 3 Maret 2024 di JIExpo, Kemayoran dengan menggandeng Dyandra Promosindo. 

Ketua Umum HIMKI Abdul Sobur menyampaikan, meskipun persaingan pasar global terus meningkat, dirinya percaya masa depan industri mebel dan kerajinan di  Indonesia dapat bertumbuh.

Produk lokal memiliki keunggulan dari bahan baku asal sumber daya alam di Indonesia, desainnya yang kreatif dan otentik, serta produksi berkelanjutan.

"Kehadiran IFEX pada tahun ke-9 kali ini memberikan kemudahan bagi produsen lokal untuk terhubung secara langsung dengan pembeli dari berbagai belahan dunia," kata Abdul dalam siaran pers yang diterima Kontan.co.id, Kamis (25/1).

Baca Juga: Kemenperin Ungkap Lima Strategi Dongkrak Kinerja Industri Furnitur

Presiden Direktur Dyandra Promosindo, Daswar Marpaung mengatakan Dyandra Promosindo selaku penyelenggara IFEX tengah menyiapkan fasilitas-fasilitas penunjang bagi para buyers yang akan hadir.

“Sebagai bentuk dukungan kami terhadap industri furnitur dan kerajinan, kami sebagai penyelenggara menyiapkan berbagai macam fasilitas penunjang bagi buyers lokal maupun mancanegara, seperti shuttle gratis, layanan akomodasi hotel dengan mitra resmi IFEX, free interpreter service, business lounge, luggage counter, tempat ibadah, ruang medis, hingga layanan kursi roda. Kami siap menyambut para buyers internasional untuk merasakan keramahan dan kenyamanan di IFEX,” ucap Daswar. 




TERBARU

[X]
×