kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ikea global pangkas pekerja, Ikea Indonesia justru menambah tenaga kerja


Minggu, 25 November 2018 / 13:34 WIB
Ikea global pangkas pekerja, Ikea Indonesia justru menambah tenaga kerja
ILUSTRASI. Peletakan Batu Pertama IKEA Garden City, Jakarta


Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Di tengah kabar yang tak sedap terkait PHK 7.500 pegawai Ikea global, justru IKEA Indonesia memberikan kabar positif. Pasalnya, gerai furnitur di bawah PT Hero Supermarket Tbk (HERO) itu memastikan ekspansinya tetap berlanjut dan akan menyerap potensi tenaga kerja baru.

Ririn Basuki, Public Relations Manager IKEA Indonesia menyampaikan bahwa bisnis IKEA di Indonesia dengan IKEA di luar negeri berbeda. Di Indonesia, bisnis IKEA terus mengalami pertumbuhan dan sedang membangun gerai keduanya di Jakarta Garden City.

“Pada saatnya kami akan melakukan rekrutmen karyawan baru dan kami tidak melakukan pemutusan hubungan kerja,” ujarnya kepada KONTAN, Jumat (23/11).

Di global, PHK sebanyak 7.500 orang dilakukan oleh INGKA Group yang merupakan pemegang lisensi IKEA yang dimiliki oleh Inter IKEA Systems, B.V. Sedangkan gerai di Indonesia dimiliki oleh PT Hero Supermarket Tbk (HERO) melalui Dairy Farm Internasional yang jelas merupakan institusi yang berbeda.

Ririn mengatakan, lisensi IKEA dimiliki oleh Inter IKEA Systems B.V sedangkan gerai-gerai IKEA yang berjumlah 422 gerai di lebih dari 50 negara dioperasikan oleh sejumlah pemegang lisensi, dan isu PHK 7.500 pegawai yang dilakukan oleh salah satu pemegang lisensi.

Dirinya menegaskan tidak ada dampak apa-apa terhadap kegiatan bisnis IKEA di Indonesia dan perusahaan ini tetap fokus dengan pembangunan gerai kedua IKEA Jakarta Garden City. “Saat ini IKEA Indonesia fokus untuk dapat mencapai lebih banyak orang dengan membangun gerai terbaru kami di Jakarta Garden City,” tutupnya.

Ekspansi tersebut akan membuka potensi penyerapan tenaga kerja baru, apalagi sebanyak 1.000 m2 akan difungsikan untuk pemberdayaan UMKM. “Di gerai Alam Sutera lebih dari 400 pegawai, sedangkan untuk Jakarta Garden City (serapan tenaga kerja) kurang lebih sama jumlahnya,” tutupnya.

Akhir tahun ini, Ikea Indonesia sudah mulai proses pembangunan gerai tersebut. Gerai yang berdiri dilahan seluas 3,7 hektar tersebut akan selesai pada akhir tahun depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×