kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,23   6,87   0.74%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ikut Kadin Net Zero Hub, Begini Langkah Radiant Utama (RUIS) Kurangi Emisi


Rabu, 28 Desember 2022 / 20:59 WIB
Ikut Kadin Net Zero Hub, Begini Langkah Radiant Utama (RUIS) Kurangi Emisi
ILUSTRASI. Radiant Utama Interinsco Tbk (RUIS) menyusun sejumlah langkah pasca bergabung ke dalam keanggotaan Kadin Net Zero Hub


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Radiant Utama Interinsco Tbk (RUIS) menyusun sejumlah langkah pasca bergabung ke dalam keanggotaan Kadin Net Zero Hub (NZH).

Direktur Utama RUIS Sofwan Farisyi mengatakan, RUIS tengah menyiapkan beberapa program untuk menekan emisi karbon pada scope 1,2, dan 3.

Salah satu program yang dicanangkan di antaranya program green building untuk Gedung Kantor Pusat RUIS. Program tersebut bertujuan untuk mengurangi gas karbon dengan pemasangan solar panel pada Gedung Kantor Pusat RUIS Group dalam mengurangi karbon (scope 1).

RUIS optimistis, penggunaan solar panel akan mengurangi pemakaian energi PLN dan mengurangi gas karbon sehingga pada gilirannya menekan emisi karbon (scope 2). Sofwan memastikan, RUIS bakal memilih vendor yang juga turut berpartisipasi dalam program pengurangan energi (scope 3).

Baca Juga: Jadi Anggota Kadin Net Zero Hub, Ini Kata Gunung Raja Paksi (GGRP)

Selain itu, RUIS juga membuat peta jalan alias road map jangka panjang untuk melakukan pengurangan emisi dalam proses bisnis RUIS group.

“RUIS membuat bisnis unit baru, renewable department, untuk meneguhkan komitmen dalam proses pengurangan emisi dan pengukuran emisi pada KKKS dengan bekerja sama dengan partner yang berkomitmen terhadap pengurangan emisi,” imbuh Sofwan kepada Kontan.co.id, Rabu (28/12).

Sedikit informasi, Kadin NZH merupakan platform yang dikembangkan untuk membantu perusahaan-perusahaan Indonesia dalam memulai perjalanannya menjadi perusahaan net zero carbon. Menurut data yang diterima Kontan.co.id, ada 57 perusahaan yang sudah, sedang, maupun direncanakan memproses keanggotaan di Kadin NZH.

RUIS sendiri sudah  menjadi salah satu perusahaan yang sudah melakukan penandatanganan nota kesepahaman alias Memorandum of Understanding (MoU) Net Zeri Hub satu pihak pada 4 Agustus 2022 lalu.

Bukan tanpa alasan RUIS berpartisipasi dalam program Kadin NZH. “RUIS ingin berpartisipasi dan mendapat panduan dalam mengurangi emisi untuk menyelamatkan bumi dengan menciptakan bisnis yang bersih dengan menciptakan bisnis baru yang ramah lingkungan seperti bisnis dalam hal Energi baru dan terbarukan, yang memberi value atau nilai tambah bagi Pemangku Kepentingan,” terang Sofwan.

Sofwan optimistis, keikutsertaan RUIS  dalam program Kadin NZH bakal memberi RUIS sejumlah manfaat, salah satunya berupa Penghematan biaya dari program pemasangan solar cell pada Gedung kantor pusat RUIS Group.

Manfaat lainnya juga diyakini akan datang dari pembentukan renewable department. “Dengan adanya renewable department dapat menciptakan peluang bisnis baru yang akan meningkatkan profit bagi RUIS ke depannya,” kata Sofwan.

Baca Juga: Kadin Sebut Sudah Ada 57 Perusahaan yang Tergabung dalam Kadin Net Zero Hub

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×