kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,14   10,84   1.19%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Imbau Tak Mudik dengan Sepeda Motor, Menhub Minta Kuota Mudik Gratis Ditambah


Jumat, 07 April 2023 / 10:38 WIB
Imbau Tak Mudik dengan Sepeda Motor, Menhub Minta Kuota Mudik Gratis Ditambah
ILUSTRASI. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta masyarakat tak mudik lebaran tahun ini dengan menggunakan sepeda motor.

Pasalnya penggunaan sepeda motor sebagai sarana mudik memiliki risiko kecelakaan yang tinggi.

"Please jangan naik motor, sangat berbahaya. Yang namanya motor itu berbanding lurus dengan kecelakaan jumlahnya," kata Budi dalam FGD 'Mudik Aman Berkesan' yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan bersama Harian Kompas, Kamis (6/4).

Baca Juga: Mudik Lebaran Lebih Awal, Lion Air Beri Harga Diskon untuk Penerbangan Rute Ini

Adapun guna mengalihkan para pemudik sepeda motor ke sarana lain yang lebih aman, pemerintah menyediakan mudik gratis. Saat ini Kementerian Perhubungan menyediakan kuota 800 mudik gratis. Dari jumlah tersebut Budi meminta ada penambahan.

Tak hanya Kementerian Perhubungan, program mudik gratis juga disediakan oleh Polri dan BUMN. Budi berharap sektor swasta dapat ikut serta dalam pelaksanaan mudik gratis.

Dengan demikian akan membantu menurunkan angka pemudik dengan sepeda motor. Serta membantu mengatasi potensi kepadatan lalulintas saat mudik lebaran 2023.

"Monggo jangan gunakan motor. Kita sediakan mudik gratis, kita (kuota) 800, Polri 500, BUMN juga ada. 800 kita akan tambah lagi. Saya himbau swasta yang untung gede buat CSR mudik untuk lebaran Rp10 miliar - Rp20 miliar bukan hal yang besar, bukan hanya karyawan tapi juga masyakarat sekitar diajak," jelasnya.

Dirjen Perhubungan Darat Hendro Sugiatno mengatakan, mudik gratis paling banyak didominasi oleh bus. Adapun pendaftaran mudik gratis saat ini menggunakan sistem. Dengan sistem tersebut dapat menghindari adanya pendaftaran double.

"Nanti akan ada kuota tambahan. Ini masih ada kuota 30 bus saya habiskan dulu. Tambahan berapa kita belum tahu," kata Hendro.

Pengamat Transportasi Djoko Setijowarno mengatakan, perlu adanya himbauan bagi pemudik agar tak menggunakan sepeda motor. Terlebih lagi jika hingga membawa anak dan bawaan berlebihan.

Baca Juga: Kesiapan Mudik, Kementerian PUPR Fungsionalkan 6 Ruas Tol di Jawa dan 4 di Sumatera

"Saya kira perlu kita sampaikan soal risiko mudik dengan sepeda motor," kata Djoko.

Menurutnya yang masih perlu diperhatikan dalam pengaturan mudik lebaran tahun ini ialah, pengaturan rest area di jalan tol.

Kemudian pengelolaan pelabuhan penyeberangan Merak-Bakauheni, keselamatan pemudik yang memakai sepeda motor, program mudik gratis dan pengelolaan jalur (jaringan jalan) yang akan digunakan untuk mudik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×