Reporter: Akmalal Hamdhi | Editor: Yudho Winarto
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Brand FMCG (Fast Moving Consumer Good) Indonesia di tahun 2021, masih dikuasai oleh nama-nama besar seperti PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF), PT Mayora Indah Tbk (MYOR) hingga Wings Group.
Hal tersebut berdasarkan publikasi dari lembaga riset, Kantar Indonesia Worldpanel Division mengenai Brand Footprint Indonesia 2022.
Sebagai informasi, brand Footprint yang dipublikasikan Kantar meliputi lebih dari 550 brand di lima sektor FMCG, yakni makanan, minuman, produk susu, perawatan rumah, dan perawatan tubuh.
Dalam studi tahunan Brand Footprint ini, Kantar mengacu pada sebuah matriks yang disebut Consumer Reach Point (CRP). Sebagai informasi, CRP merupakan matriks yang mengkalkulasikan jumlah rumah tangga yang membeli brand tertentu (penetrasi) dengan berapa kali brand tersebut dibeli (pilihan konsumen). Dalam kata lain, nilai CRP dapat menunjukkan seberapa dekat suatu brand dengan konsumen.
Dari hasil studi Kantar tersebut menunjukkan bahwa brand Indomie milik PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) masih menjadi pemimpin di Indonesia.
Baca Juga: Kinerja pada Kuartal I Naik, Begini Rekomendasi Saham ICBP dari Analis
Bahkan, Indomie merek mi instan yang diproduksi oleh anak perusahaannya, PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) mampu bersaing di tingkat global yang berada di posisi ke-8, bersaing dengan brand terkemuka lainnya seperti Coca-cola, Colgate, dan Nescafe.
Selama tahun 2021, Indofood melalui brand Indomie sukses menjadi nomor wahid dalam kategori Top 10 Most Chosen Brands in FMCG. Berdasarkan laporan keuangan tahunan 2021, INDF berhasil membukukan kenaikan penjualan bersih hingga 22% year on year (yoy) menjadi Rp 99,34 triliun.
Selaras dengan induk perusahaannya, ICBP juga mencetak kenaikan penjualan bersih hingga 21,79% yoy menjadi Rp 56,80 triliun.
Sementara itu, di tingkat lokal, Wings Group melalui brandnya yakni SoKlin dan Mie Sedaap menempel ketat brand Indomie di posisi kedua dan ketiga.
Pada sektor perawatan rumah, SoKlin menjadi jawara dengan CRP yang bertumbuh 6% dari tahun 2020, dan berhasil mempertahankan posisinya di 5 peringkat teratas brand FMCG.
Pihak Wings Group mengatakan, rahasia mereka untuk dapat konsisten adalah tetap berinovasi sehingga dapat terus relevan dengan kebutuhan masyarakat.
“Wings Group melalui Wings Food dan Wings Care berupaya menghadirkan produk terbaik kepada seluruh elemen masyarakat. Secara umum, WIngs Group senantiasa berupaya untuk dapat terus tumbuh melalui portofolio brand yang dimiliki,” ungkap Public Relations WIngs Group kepada Kontan.co.id, Kamis (2/6).
Selanjutnya, PT Mayora Indah Tbk yang melalui brand Roma sukses menduduki peringkat ke-5 dalam Top 10 Most Chosen Brands in FMCG. Untuk diketahui, brand Roma telah menjangkau sekitar 92% konsumen dan memiliki rata-rata pembelian produk sebanyak 20 kali dalam setahun berdasarkan riset 9 dari 10 rumah tangga di Indonesia versi Kantar Indonesia.
Sekretaris perusahaan PT Mayora Indah Tbk Yuni Gunawan menyampaikan, keberhasilan MYOR pertahankan kinerja positif adalah inovasi produk baru ataupun varian produk baru.
Baca Juga: Brand Besar Masih Kuasai Pasar Produk Konsumer Terlaris, Siapa Saja?
Menurut Yuni, inovasi itulah yang membawa Mayora dapat terus mencetak kinerja positif. Sejauh ini, Mayora telah meluncurkan 5 produk ataupun varian baru di tahun ini.
“Kami memiliki komitmen jangka panjang untuk berinvestasi dalam mengembangkan brand loyalty dan meningkatkan leadership positions dari produk kami,” terang Yuni kepada Kontan.co.id.
Adapun, di sepanjang tahun 2021, penjualan Mayora tercatat sebesar Rp 27,90 triliun atau naik 14% dari tahun sebelumnya Rp 24,47 triliun.
Kenaikan penjualan tersebut terjadi di seluruh segmen pasar yakni pasar domestik naik dari Rp 14,38 triliun menjadi Rp 16,05 triliun pada 2021. Selain itu, penjualan ekspor juga meningkat dari Rp 10,11 triliun menjadi Rp 11,88 triliun.
Sebagai informasi tambahan, berikut ini Top 10 Most Chosen Brands in FMCG selama 2021 berdasarkan riset Kantar Indonesia. Brand tersebut antara lain Indomie, SoKlin, Mie Sedaap, Royco, Roma, Kapal Api, Masako, Frisian Flag, Lifebouy, dan Nabati.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News