kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Indomarco saban hari buka Indomaret


Rabu, 12 November 2014 / 10:50 WIB
Indomarco saban hari buka Indomaret
ILUSTRASI. Dampak Sering Menahan Kentut. dok/Tips and Craft


Reporter: Febrina Ratna Iskana | Editor: Markus Sumartomjon

JAKARTA. PT Indomarco Prismatama, pengelola minimarket Indomaret, terus menambah gerai anyar sepanjang semester dua tahun ini. Hingga November 2014, Indomarco sudah punya 10.400 gerai Indomaret. Artinya, sejak Juni 2014 - November 2014, Indomarco sudah menambah 500 gerai anyar Indomaret. 

Sampai paruh pertama tahun ini, Indomarco sudah   mengoperasikan 9.900 gerai Indomaret yang tersebar di beberapa kota di Jawa, Bali, Madura, Lombok, Sumatera, Sulawesi dan Kalimantan. Komposisinya adalah sekitar 60% milik Indomarco, dan sisanya kerjasama dengan publik dengan skema waralaba.

Dengan kepemilikan gerai saat ini, berarti Indomarco tinggal butuh tambahan 200 gerai Indomaret lagi. Soalnya, Indomarco pasang target bisa mengelola sebanyak 10.600 gerai Indomaret sampai akhir tahun ini. 

Wiwiek Jusuf, Direktur Pemasaran Indomarco Prismatama optimistis target tersebut bisa tercapai karena masih adanya potensi pasar yang terbuka lebar. "Hampir tiap hari, Indomaret membuka gerai baru,"ujar Wiwiek kepada KONTAN, Senin (10/11). 

Fokus tambahan Indomaret masih di Jawa. Hingga November ini saja, sekitar 70% dari gerai anyar Indomaret, b berada di Jawa. Sedangkan sisanya di luar Jawa. Nah, tahun depan pun, fokus tambahan gerai Indomaret masih berkutat di Jawa. 

Selain membuka gerai Indomaret, lini bisnis PT Indoritel Makmur Internasional Tbk (DNET) ini juga menargetkan tambah Indomaret Poin, gerai minimarket plus kafetaria laiknya convenience store.  Pada paruh pertama tahun ini, Indomarco menargetkan punya 100 gerai Indomaret Poin di akhir tahun nanti. Namun hingga awal November, baru membangun 40 gerai Indomaret Poin anyar. 

Wiwiek mengaku pihaknya memang tidak menambah banyak gerai Indomaret lantaran potensi pasar Indomaret poin tidak seperti gerai Indomaret. Pembangunan gerai Indomaret Poin ini hanya terbatas untuk kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Yogyakarta. 

Selain itu, untuk membangun gerai Indomaret Poin butuh dana lebih besar hingga tiga kali lipat dari gerai Indomaret biasa yang berkisar antara Rp 400 juta sampai Rp 500 juta per gerai. Alhasil, Indomarco menargetkan cuma tambah hingga lima gerai Indomaret Poin baru. "Hingga akhir 2014, Indomaret Poin sebanyak 45 gerai," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×