kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Indomobil Group dan Inchape Akan Pasarkan Merek Mobil Great Wall di Indonesia


Jumat, 07 Juli 2023 / 13:22 WIB
Indomobil Group dan Inchape Akan Pasarkan Merek Mobil Great Wall di Indonesia
ILUSTRASI. Mobil Great Wall Motors


Reporter: Dimas Andi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indomobil Group kembali berekspansi menambah portofolio merek mobil yang dijual di pasar Indonesia. Dalam hal ini, Indomobil kembali berkolaborasi dengan Inchape Plc yang baru saja mengumumkan kemitraan strategis global dengan produsen mobil asal China yakni Great Wall Motor Company Limited (GWM).

Dalam kemitraan ini, Inchcape dan GWM akan mengembangkan area baru dalam kolaborasi stategis, baik di pasar di mana mereka telah memiliki kerja sama maupun peluang bagi Inchcape untuk mendistribusikan kendaraan GWM di pasar yang telah dijajaki oleh Inchcape.

Pasar pertama yang dituju adalah Indonesia lantaran Inchcape dan GWM telah menandatangani Perjanjian Distribusi. Dengan adanya perjanjian ini, Inchcape akan memberikan GWM kapabilitas distribusi yang unggul.

Indonesia merupakan pasar pertama di mana Inchcape akan memasarkan sebuah merek yang utamanya menawarkan kendaraan energi baru. Kendaraan merek GWM yang masuk dalam Perjanjian Distribusi di Indonesia antara lain Haval, Ora, dan Tank.

Untuk menjalankan distribusi GWM ini, Inchape dan PT Indomobol Sukses International Tbk (IMAS) atau Indomobil Group membentuk perusahaan patungan. Dalam usaha patungan ini, Inchcape memegang 70% saham sedangkan Indomobil memegang 30% saham.

Baca Juga: Andalkan Hino, Penjualan Kendaraan Indomobil (IMAS) Meningkat 47,5% di Kuartal I 2023

Fokus pembentukan usaha patungan ini adalah mencari cara-cara untuk semakin meningkatkan distribusi dan pengalaman pelanggan serta mengembangkan area kolaborasi baru, termasuk pada area mobil bekas dan pembiayaan mobil.

Kepemimpinan global GWM pada kendaraan listrik baterai atau (Battery Electric Vehicle/BEV) dan hybrid berpotensi untuk secara signifikan memperluas produk kendaraan listrik (EV) Inchcape. GWM pun akan diuntungkan dari rekam jejak Inchcape yang kuat pada pembukaan pasar yang sukses untuk OEM, serta kemampuannya yang terdepan di industri pelayanan data, digital, dan teknologi.

Clyde Cheng, Presiden Great Wall Motor ASEAN berkomentar, sebagai salah satu pasar otomotif terbesar di kawasan ini, Indonesia memegang peran penting dalam strategi GWM di ASEAN. GWM sangat antusias untuk menjalin kemitraan dengan Inchcape, bergandengan tangan untuk menjangkau pasar Indonesia.

GWM sedang melakukan transformasi untuk menjadi perusahaan global yang berfokus pada teknologi energi baru yang pintar (new energy intelligent technologies). Kendaraan energi baru GWM telah hadir di lebih dari 170 negara dan wilayah di seluruh dunia.

 

"Dengan kemampuan ekspansi pasar dan praktik penjualan Inchcape yang sangat baik, kami yakin akan prospek pasar Indonesia," ujar dia dalam siaran pers yang diterima Kontan, Jumat (7/7).

Ruslan Kinebas, CEO Inchcape Asia-Pasifik menambahkan, Inchape sangat antusias dengan kemitraan strategis global Inchcape dengan GWM. Ini menjadi penanda perluasan bisnis Inchape di Indonesia melalui usaha patungan dengan Indomobil untuk mendistribusikan kendaraan energi baru GWM.

"Kami berharap dapat menggabungkan keahlian lokal Inchape dengan kemampuan digital dan data terkemuka perusahaan untuk mempercepat kinerja GWM, sekaligus menegaskan kembali komitmen kami untuk memberdayakan mobilitas yang lebih baik di Indonesia," ungkap Ruslan.

Lebih lanjut, Jusak Kertowidjojo, Direktur Utama Indomobil mengatakan, Indomobil sangat bersemangat atas kemitraan dengan mitra strategisnya yaitu Inchcape untuk menghadirkan kendaraan energi baru GWM di Indonesia. GWM memiliki portofolio kendaraan listrik yang baik, sehingga akan mendukung inisiatif pemerintah Indonesia untuk mendorong populasi Kendaraan Listrik di Indonesia.

"Keahlian kami di industri otomotif lokal akan memberikan dampak positif pada distribusi dan pengenalan kendaraan energi baru GWM di Indonesia," pungkas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×