kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tawarkan Audi R8, Indomobil Group Mencuil Peluang Bisnis Supercar


Minggu, 19 Februari 2023 / 16:00 WIB
 Tawarkan Audi R8, Indomobil Group Mencuil Peluang Bisnis Supercar
ILUSTRASI. Audi R8


Reporter: Dimas Andi | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indomobil Group melalui PT Garuda Mataram Motor, sebagai pengimpor dan distributor Audi, menilai pasar supercar di Indonesia tergolong segmentif.

Sekadar informasi, supercar merupakan mobil yang menawarkan performa lebih besar dan agresif. Mobil yang satu ini umumnya memiliki tenaga sekitar 500 sampai 800 horse power (hp).

Dengan tenaga sebesar itu, supercar memiliki kecepatan maksimal sekaligus kemampuan akselerasi di atas rata-rata mobil pada umumnya. Keunggulan tersebut tentu dikompensasi dengan harga supercar yang mahal di pasar.

Baca Juga: Indomobil Group Kenalkan Konsep Ritel Showroom Anyar di IIMS 2023

Dikutip dari situs Audi Indonesia, pabrikan asal Jerman ini menyediakan model supercar berupa Audi R8 Coupe. Mobil ini dibekali dengan mesin V10 sepuluh silinder yang mampu menghasilkan tenaga mencapai 540 hp.

Mobil ini dapat berakselerasi dari 0 sampai 100 kilometer/jam hanya dalam 3,5 detik dan memiliki kecepatan tertinggi sekitar 320 km/jam.

Audi R8 Coupe juga memiliki varian lain dengan mesin yang sama, namun dengan tenaga yang lebih garang yakni 610 hp. Alhasil, varian Audi R8 tersebut dapat berakselerasi 0—100 km/jam hanya dalam 3,2 detik dan mencapai kecepatan maksimum sekitar 330 km/jam.

Harga Audi R8 Coupe untuk tahun ini mencapai kisaran Rp 7,5 miliar sampai Rp 8,5 miliar di Indonesia.

Terlepas dari berbagai keunggulannya, Herry Noverino, Head of Marketing & PR Dept Garuda Mataram Motor mengaku, sejak 2020 pihaknya belum menjual Audi R8 untuk konsumen di Tanah Air. Sebab, penjualan mobil tersebut menerapkan sistem order atau pemesanan.

Artinya, Garuda Mataram Motor baru akan mendatangkan Audi R8 ke Indonesia ketika ada pesanan dari calon pembeli. “Produksi Audi R8 pun memang terbatas,” ujar dia, Minggu (19/2).

Terlepas dari itu, ia menilai prospek bisnis supercar pada dasarnya tetap menjanjikan. Hanya saja, pasar supercar memang tergolong mini alias segmentif.

Baca Juga: Indomobil Sukses (IMAS) Gencar Ekspansi di Bisnis Otomotif, Begini Kata Analis

Secara historis, pembeli supercar seperti Audi R8 Coupe adalah orang-orang kalangan atas yang senang berkendara dan menyukai mobil yang dapat melaju dengan kecepatan tinggi. Rata-rata pemilik supercar berusia sekitar 35-50 tahun.

“Biasanya mereka membeli supercar secara cash atau dengan termin pembayaran yang disepakati, misalnya 3—4 kali bayar,” pungkas Herry.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×