kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45864,71   3,05   0.35%
  • EMAS1.361.000 -0,51%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Indopoly (IPOL) Siapkan US$ 100 Juta untuk Ekspansi Penambahan Kapasitas Tahun Ini


Kamis, 13 Juni 2024 / 06:15 WIB
Indopoly (IPOL) Siapkan US$ 100 Juta untuk Ekspansi Penambahan Kapasitas Tahun Ini
Prouk PT Indopoly Swakarsa Industry Tbk (IPOL). IPO merupakan produsen film premium untuk industri flexible packaging tahun ini telah mengalokasikan dana sekitar US$100 juta untuk menuntaskan proyek ekspansi penambahan kapasitas.


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Indopoly Swakarsa Industry Tbk (IPOL), produsen film premium untuk industri kemasan fleksibel, mengalokasikan belanja modal atau capex sekitar US$ 100 juta tahun ini untuk menyelesaikan proyek ekspansi kapasitas.

Produsen film premium Biaxially-Oriented Polypropylene (BOPP) dan Biaxially-Oriented Polyester (BOPET) ini mengembangkan kapasitas untuk memperkuat pertumbuhan usaha berkelanjutan. Film-film tersebut digunakan dalam pengemasan makanan, non-makanan, dan industri laminasi grafis.

Wakil Presiden Direktur Indopoly Swakarsa Industry, Jeffrey Halim, menyatakan bahwa peningkatan kapasitas ini adalah proyek penting yang telah direncanakan sejak 2022. 

Baca Juga: Penjualan Turun, Laba Indopoly Swakarsa (IPOL) Terjun 95,74% di Semester I-2023

"Kami percaya, serangkaian inovasi dan ekspansi strategis ini akan secara signifikan meningkatkan profitabilitas dan diversifikasi portofolio produk perusahaan," ujarnya dalam siaran pers, Rabu (12/6).

Indopoly, yang memiliki tiga pabrik di Indonesia dan Tiongkok, menjalankan program ekspansi dan inovasi strategis untuk mendorong pertumbuhan berkelanjutan. Program strategis yang dijalankan termasuk:

Pertama, menambah dua mesin BOPP terbaru di Purwakarta, Indonesia, dan Suzhou, China. Ekspansi ini akan meningkatkan kapasitas tahunan dari 100.000 ton menjadi 165.000 ton, atau sebesar 65%. Targetnya, mesin-mesin baru ini akan beroperasi penuh pada akhir 2024.

Baca Juga: Laba Indopoly Swakarsa (IPOL) naik 110,05% di kuartal I tahun ini

Kedua, menambah dua mesin metalizing dengan teknologi terbaru yang mampu memproduksi film dengan ketahanan tinggi seperti AlOx (Aluminium Oxide) dan SiOx (Silicon Oxide). Kedua mesin ini akan meningkatkan kapasitas produksi hingga sekitar 22.400 ton per tahun.

Ketiga, investasi mesin offline coating baru. Untuk diversifikasi produk premium dan meningkatkan efisiensi produksi film ultra high barrier serta film high-end lainnya. Ini akan menjadi alternatif lebih ramah lingkungan dibandingkan kemasan PVDC yang semakin dibatasi penggunaannya.

Bersama tim R&D, Indopoly mengembangkan film ultra high barrier dan mono-material yang ramah lingkungan dan lebih mudah didaur ulang. 

Pada 2024, Indopoly memperkenalkan produk inovatif seperti film breathable anti-fog, oxo-biodegradable BOPET, dan Nylon Replacement film, serta berbagai film ultra high barrier lainnya. Produk ini tidak hanya memenuhi permintaan pelanggan tetapi juga mendukung kebijakan ekonomi sirkular.

Baca Juga: Ini penyebab kinerja Indopoly Swakarsa Industry (IPOL) terkontraksi di tahun lalu

"Indopoly mengantisipasi pertumbuhan pendapatan yang signifikan pada 2025 dengan beroperasinya investasi tersebut. Perusahaan berkomitmen untuk terus tumbuh dan memberikan nilai tambah bagi para pemegang saham," tutup Jeffrey.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×