kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ingin jadi pemenang, Pertamina terus beradaptasi terhadap perkembangan baru


Rabu, 27 November 2019 / 20:02 WIB
Ingin jadi pemenang, Pertamina terus beradaptasi terhadap perkembangan baru
ILUSTRASI. Direktur Hulu Pertamina Darmawan Samsu


Reporter: Azis Husaini | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Ajang energi terbesar Pertamina Energy Forum 2019 (PEF 2019) berakhir pada Rabu (27/11) dengan menyuguhkan beragam informasi dan diskusi dari berbagai pelaku industri.

Melalui PEF 2019, PT Pertamina (Persero) menegaskan akan terus beradaptasi terhadap perkembangan baru untuk menjadi pemenang di masa depan.

Baca Juga: Pertamina siap hadapi perubahan tren konsumen

Dengan tema "Driving Factors: What will Shape the Future of Energy Business”, PEF 2019 tahun ini banyak membahas mengenai transformasi bisnis energi dari berbasis fosil menuju ke energi yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Dharmawan H Samsu, Direktur Hulu PT Pertamina (Persero), menyatakan PEF 2019 juga banyak membahas mengenai isu-isu seputar energi dari sudut pandang availability, affordability, accessability, acceptability dan sustainability.

“Transisi energi sedang terjadi dan tidak dapat dihentikan, yaitu transformasi dari bahan bakar fosil menuju ke energi baru terbarukan dan energi bersih,” kata Dharmawan dalam sambutannya saat menutup PEF 2019.

Dengan fakta ini, menurut Dharmawan, Pertamina terus beradaptasi dalam melakukan transisi energi akan terus membangun dialog dengan pemerintah maupun semua stakeholder. “Pertamina terus beradaptasi terhadap perkembangan baru untuk menjadi pemenang di masa depan,” katanya.

Baca Juga: Transformasi digital Pertamina optimalkan pemeliharaan kilang

Dharmawan menambahkan Pertamina berkomitmen penuh untuk menjadi perusahaan energi kelas dunia yang kompetitif, mencapai target yang dimandatkan oleh pemerintah dan menembus predikat Fortune 100 pada 2026.

Sementara itu, Heru Setiawan, Direktur Perencanaan, Investasi dan Manajemen Risiko Pertamina, mengatakan transformasi energi, siap tidak siap harus dihadapi, termasuk oleh Pertamina.

Untuk menghadapi itu ada tiga skenario yang bisa dijalankan. Pertama, menjalankan bisnis seperti biasa. Kedua, menangkap keinginan pasar. Ketiga, menjalankan bisnis yang paling ramah lingkungan.

Heru mengatakan siap atau tidak siap Pertamina akan melakukan transformasi energi. Untuk itu, Pertamina telah menyiapkan rencana jangka panjang yang disesuaikan dengan kondisi dan perilaku konsumen. 




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×