kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45770,96   1,15   0.15%
  • EMAS928.000 1,42%
  • RD.SAHAM 0.48%
  • RD.CAMPURAN 0.24%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Ingin motor tetap prima meski jarang dipakai? Ini tips perawatan dari Honda


Jumat, 08 Mei 2020 / 21:34 WIB
Ingin motor tetap prima meski jarang dipakai? Ini tips perawatan dari Honda
ILUSTRASI. Perawatan sepeda motor tetap perlu dilakukan baik dalam kondisi sering dipakai atau jarang dipakai.

Reporter: Muhammad Julian | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perawatan sepeda motor tetap perlu dilakukan baik dalam kondisi sering dipakai atau jarang dipakai. Dalam hal ini, salah satu komponen yang tidak boleh luput dari perhatian dalam merawat sepeda motor adalah aki motor.

Bagaimana tidak, komponen sepeda motor yang satu ini memiliki peran yang cukup penting, yakni menyimpan energi listrik serta digunakan untuk menghidupkan mesin. Astra Honda Motor (AHM) memiliki empat tips yang bisa diperhatikan untuk menjaga aki motor agar selalu memiliki kualitas yang baik.

Tips pertama adalah memanasi mesin sepeda motor secara berkala, yakni sehari sekali di rumah. Tidak hanya bermanfaat bagi aki motor, kegiatan ini juga bisa bantu menjaga kualitas bagian mesin motor lain.

Waktu yang dibutuhkan untuk memanaskan motor juga tidak terlampau lama. “Dalam kondisi sekarang, para pemilik sepeda motor sebaiknya memanaskan sepeda motornya selama 3-4 menit,” kata Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) dalam keterangan tertulis.

Baca Juga: Gara-gara corona, multifinance bakal review rencana penerbitan surat utang

Tips kedua, apabila pemilik sepeda motor berniat memasang aksesoris ataupun part modifikasi yang menggunakan energi listrik, sebaiknya pengguna menambah sekring tersendiri untuk menghindari risiko korsleting atau terputusnya arus listrik pada sepeda motor.

Tips ketiga, bagi pemilik sepeda motor yang menggunakan aki basah, pengguna perlu melakukan pengecekan terhadap jumlah debit air dalam aki secara berkala. Dalam hal ini, jumlah debit air yang ada pada aki perlu disesuaikan dengan tanda batas jumlah debit air alias upper lower.

Baca Juga: Masyarakat diperbolehkan mudik lokal antar kawasan Jabodetabek saat Lebaran

Tips terakhir, pemilik sepeda motor sebaiknya tidak perlu terburu-buru memutuskan untuk membeli aki baru ketika aki yang dimiliki mengalami permasalahan seperti soak, dan sebagainya. Bisa jadi, permasalahan pada aki hanya disebabkan oleh masalah di pengisian daya listrik yang masuk ke dalam aki semata. Oleh karenanya, langkah pertama yang perlu diambil ketika aki bermasalah sebaiknya adalah mengecek sistem pengisian daya listrik pada aki.

Dengan melakukan tips-tips di atas, masalah pada sepeda motor, baik yang sering digunakan ataupun telah lama tidak digunakan dapat dihindari.

Baca Juga: Awas, bensin basi bisa bikin fuel pump bermasalah

Apabila muncul kendala pada sepeda motor Honda yang sulit diselesaikan sendiri, AHM siap memberikan memberikan pelayanan di seluruh Indonesia melalui jaringan bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS).

Dalam hal kendala yang demikian terjadi ketika pemilik sedang berada di tengah perjalanan, pemilik sepeda motor Honda dapat segera kontak Call Center di nomor 1-500-989 atau melalui SMS 0811-9-500-989 dan dapat melalui email customercare@astra-honda.com. Layanan juga hadir melalui media social facebook Fanpage Astra Honda Care dan Twitter @astrahondacare (setiap hari pukul 08.00-00.00).

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×