kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Awas, bensin basi bisa bikin fuel pump bermasalah


Selasa, 05 Mei 2020 / 11:01 WIB
Awas, bensin basi bisa bikin fuel pump bermasalah
ILUSTRASI. Selama masa PSBB, mobil yang tidak digunakan memiliki beberapa risiko kerusakan.


Sumber: Kompas.com | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), mobil yang tidak digunakan memiliki beberapa risiko kerusakan. Salah satunya bahan bakar yang basi lantaran tidak terbakar dalam waktu yang lama.

Bensin yang basi ini akan langsung tersedot oleh fuel pump saat mesin dinyalakan. Padahal selama berdiam di dalam tangki dalam jangka waktu yang lama, bensin telah berubah kandungannya dan menghasilkan endapan.

Baca Juga: Ini strategi bisnis BP-AKR di tengah wabah virus corona

Didi Ahadi, Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor, mengatakan, fuel pump yang tersumbat karena kualitas bahan bakar yang buruk punya beberapa gejala yang bisa dirasakan pengemudi. “Saat sedang berjalan mesin terasa brebet atau tidak mau berakselerasi meski pedal gas sudah diinjak. Bahkan mesin bisa mati secara tiba-tiba,” ujar Didi, kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Menurut Didi, kondisi ini terjadi karena tekanan pompa bensin yang menurun drastis. Sehingga membuat pasokan bahan bakar ke ruang mesin tidak mencukupi untuk melakukan pembakaran sempurna. “Oleh sebab itu mesin terasa endut-endutan, sampai pada akhirnya mati total dan tidak bisa distarter lagi,” kata Didi.

Baca Juga: Mei, tak ada penurunan harga BBM

Dia menambahkan, kalau konsumen ada yang mengalami kejadian seperti ini baiknya jangan memaksa untuk menghidupkan mesin. “Biasanya karena indikator bensin masih ada, mobil distarter terus. Padahal fuel pump sudah gagal menyedot bensin. Lebih baik segera hubungi bengkel langganan atau layanan mobile service dari bengkel resmi,” ucap Didi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Bensin Basi Bikin Fuel Pump Bermasalah, Ini Ciri-cirinya.

Penulis: Dio Dananjaya
Editor: Agung Kurniawan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×