kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 4 Strategi Medco Energi (MEDC) Jalankan Bisnis Keberlanjutan


Jumat, 01 Desember 2023 / 18:19 WIB
Ini 4 Strategi Medco Energi (MEDC) Jalankan Bisnis Keberlanjutan


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - DUBAI. PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) menyampaikan empat aksi dan strateginya dalam upaya menghadapi Perubahan Iklim dalam acara United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC) Conference of the Parties (COP) ke-28 di Dubai, Uni Emirate Arab, Kamis (30/11).  

Direktur Utama MedcoEnergi Hilmi Panigoro menyampaikan sebagai perusahaan swasta nasional akan membantu pemerintah mencapai Net Zero Emission pada 2060. Hal ini merupakan tanggung jawab sebagai warga global. 

Dia mengungkapkan empat cara MedcoEnergi mencapai Net Zero Emission pada 2050. Pertama, menerapkan teknologi tercanggih dan terkini di setiap operasi Perusahaan, termasuk desain operasi produksi selalu berusaha meminimalkan jejak CO2. 

Baca Juga: Medco Energi (MEDC) Tetapkan Patokan Kurs Pembagian Dividen Rp 15.484 Per Dolar AS

Kedua, MedcoEnergi adalah salah satu dari perusahaan di Indonesia  yang saat ini operasi tambangnya didukung batubara dan solar. 

‘’Kami secara sukarela bertahap menonaktifkannya dan menggantinya dengan kombinasi gas, solar dan angin yang akan terjadi sebelum akhir 2025.,” ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (1/12). 

MEDC juga melakukan join studi dan riset dengan perusahaan-perusahaan multinasional dan instansi pemerintah dalam hidrogen dan Carbon Capture Storage (CCS).

Keempat, melalui Medco Power Indonesia, MedcoEnergi fokus pada energi bersih dan terbarukan. Oleh karena itu, ketenagalistrikan MedcoEnergi saat ini menggunakan gas sebagai transisi dan sedang menghasilkan dan mengembangkan tenaga surya dan panas bumi.

Pada sesi diskusi terpisah, Director & Chief Administrative Officer MEDC, Amri Siahaan yang juga hadir sebagai pembicara, mengungkapkan bahwa tren transisi energi global mendorong perusahaan minyak dan gas bumi (migas) dunia, termasuk MedcoEnergi, perlahan mengubah haluan ke bisnis berkelanjutan.  

Menurut Amri, Perubahan Iklim memang sedang terjadi dan dampaknya semakin meningkat. Pihaknya telah mengambil langkah cepat dalam mengatasi masalah ini di antaranya, melalui efisiensi dan peningkatan penggunaan energi rendah karbon di operasi. 

Kemudian pengembangan portofolio Energi Baru Terbarukan (EBT), penghilangan karbon melalui reforestasi dan penjajakan peluang untuk mengadopsi teknologi CCS. 

 

‘’Semua itu kami lakukan sebagai bagian dari Sustainability Roadmap lima tahunan. Kami juga melakukan pemantauan program untuk memastikan KPI dan target yang kami tetapkan bisa terpenuhi,” jelas Amri.

Amri menambahkan, peran Medco dalam transisi salah satunya adalah dengan mempertahankan komposisi produksi gas yang tinggi, yang saat ini sekitar 80% dari total produksi, dengan demikian mendukung program Pemerintah maupun upaya global dalam mendukung transisi energi.

Turut sertanya MedcoEnergi pada COP28 yang merupakan rapat tahunan dari Perserikatan Bangsa Bangsa dalam membahas isu iklim ini, menunjukan keseriusan MedcoEnergi dalam upaya menyelamatkan lingkungan yang terancam oleh pemanasan global.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×