kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.541.000   21.000   1,38%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Ini cara XL dongkrak layanan data untuk tumbuh 43%


Kamis, 30 Oktober 2014 / 10:45 WIB
Ini cara XL dongkrak layanan data untuk tumbuh 43%
ILUSTRASI. Pengertian Parenting Islami dan Tips Menerapkannya yang Perlu Orang Tua Ketahui.


Reporter: Merlinda Riska | Editor: Uji Agung Santosa

JAKARTA. Tren pertumbuhan layanan data di Indonesia masih terus berlanjut. Operator seluler, PT XL Axiata (XL) pada kuartal III-2014 mencatat pertumbuhan layanan data sebesar 43% dibanding periode yang sama tahun lalu. Alhasil, kontribusi layanan data terhadap pendapatan pun terkerek jadi 28% dari total pendapatannya periode ini.

Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi menyatakan, pendapatan XL pada kuartal III-2014 tumbuh sebesar 11% dari tahun lalu menjadi Rp 17,6 triliun. Dimana layanan data memberikan kontribusi pertumbuhan tertinggi dengan pertumbuhan 43%, diikuti layanan percakapan dan SMS masing-masing tumbuh 4% dari tahun lalu. Sementara itu, marjin EBITDA menjadi 36%.

"Layanan data kembali memberikan dorongan yang kuat terhadap pertumbuhan dan meningkatkan kontribusinya dari 23% tahun lalu menjadi 28% tahun ini dari total pendapatan kami," ujar Hasnul dalam siaran resminya, Kamis (30/10).

Trafik layanan data tumbuh 136% dari tahun lalu dengan jumlah pelanggan data mencapai 31,2 juta pelanggan atau 53% dari total pelanggan. Selain itu, pengguna smartphone memberikan kontribusi sebesar 25% dari total pelanggan atau mencapai 14,6 juta pengguna sampai dengan periode sembilan bulan tahun ini.

Untuk lebih memperluas paket internet unlimited, XL meluncurkan paket Internet Super Unlimited yang ditujukan ke pengguna baru layanan data guna meningkatkan dan memperkenalkan penggunaan layanan data bagi pengguna baru tersebut. Pada kesempatan yang lain, paket bundling berbagai handset juga berhasil meningkatkan penggunaan data di periode ini.

Oleh karena itu, XL kembali memperkenalkan paket bundling beragam handset seperti Nokia Lumia, HTC One Mini, BlackBerry Z3, Samsung Galaxy Trend Lite dan lainnya. XL juga berkolaborasi dengan Facebook dan Ericsson untuk meningkatkan kualitas jaringan dengan jangkauan dan pengalaman yang lebih baik di beberapa wilayah. Kolaborasi ini sesuai dengan komitmen XL untuk memberikan pengalaman layanan data yang lebih baik kepada pelanggan.   

Hasnul bilang, XL kembali fokus pada layanan data karena XL optimistis dengan potensi pertumbuhan layanan data yang besar. XL terus berinvestasi di infrastruktur agar kualitas layanan Data tetap terjaga dengan total 49.682 BTS yang dimiliki selama 9M14, termasuk 15.429 Node B.

"Sejalan dengan spirit XL untuk selalu menjadi operator yang terdepan dalam berinovasi bagi masyarakat, XL baru saja meluncurkan layanan mobile 4G LTE di beberapa wilayah, yang pertama di Indonesia," ujarnya.

Hasnul menambahkan, sebagai bagian dari komitmen peningkatan layanan data untuk pengalaman yang lebih baik, XL juga telah melakukan transformasi jaringan di beberapa wilayah potensial yang telah dijalankan sejak awal 2014.

"Selama bulan Lebaran, XL telah berhasil menjaga peningkatkan trafik sehingga keluhan pelanggan dapat dikurangi sebesar 20% dari tahun lalu dan tingkat keberhasilan panggilan sebesar 99,94%," katanya.

Tak hanya itu, XL juga salah satu operator yang bersemangat kembangkan Layanan Digital Services. Pengembangan dilakukan secara end-to-end dan berinovasi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Melalui Digital Services, XL meluncurkan SIMPLY, Layanan Meter Listrik Pintar Dua Arah, yang merupakan produk inovatif dari M2M untuk memudahkan pelanggan korporat dalam melakukan pengisian pulsa listrik.

XL Gudang Aplikasi, portal hiburan dengan beragam konten didalamnya seperti Aplikasi, permainan, musik dan video, mendapat respon yang positif di pasar dengan lebih dari 1 juta pelanggan sampai September 2014. Hal ini memberikan indikator yang bagus dalam dunia hiburan digital yang terus tumbuh.

Dalam kesempatan yang lain, Bank Indonesia meluncurkan program Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menggunakan sarana pembayaran non tunai dalam bertransaksi, yang tentunya mudah, aman dan efisien. XL Tunai yang menyediakan layanan dompet virtual secara mobile, memberikan dukungannya kepada program baru ini. Selain itu, XCloud juga telah berhasil mendapatkan ISO 27001 The Management of Information Security sertifikasi untuk peningkatan bisnisnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×