kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Ini dua pemenang tender menara milik XL Axiata (EXCL)


Selasa, 11 Februari 2020 / 10:44 WIB
Ini dua pemenang tender menara milik XL Axiata (EXCL)
ILUSTRASI. XL Axiata telah melego 2.782 unit menara kepada Protelindo dan CMI

Reporter: Amalia Fitri | Editor: Anna Suci

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT XL Axiata Tbk (EXCL) umumkan dua pemenang tender penjualan menara senilai Rp 4,05 triliun. Adapun kedua perusahaan tersebut adalah PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo) dan PT Centratama Menara Indonesia Tbk (CMI).

Asal tahu saja, emiten halo-halo ini menjual 2.782 unit menara dan juga melakukan penyewaan kembali lahan di mana sebagai menara tersebut berlokasi. Penandatanganan perjanjian jual beli untuk transaksi ini telah dilaksanakan pada hari Jumat (7/2). 

Dari total menara yang dijual, Protelindo memenangkan tender akuisisi atas 1.728 unit menara sedangkan CMI memenangkan tender akuisisi atas 1.054 unit menara.

Baca Juga: Centratama Telekomunikasi (CENT) bakal beli 1.054 menara XL Axiata

“Setelah selesainya transaksi ini maka kami akan bisa lebih fokus pada core business di bidang penyediaan layanan seluler dan mobile internet, terutama dalam meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan dan masyarakat. Kami juga optimis, transaksi ini juga akan berdampak positif pada optimalisasi dan peningkatan efektivitas terhadap biaya operasional serta biaya sarana dan prasarana pendukung," ujar Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini, dikutip dari keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Selasa (11/2).

Dian menambahkan, penting bagi pihaknya untuk mendapatkan harga penyewaan kembali yang lebih rendah atau kompetitif atas menara yang dijual agar dapat lebih menjamin pengelolaan neraca keuangan yang lebih kuat termasuk tercapainya profitabilitas perusahaan dalam jangka panjang yang lebih berkesinambungan.

Selain itu, transaksi ini juga akan bisa mendukung EXCL dalam memperkuat struktur permodalan, meskipun saat ini XL Axiata juga telah memiliki neraca keuangan yang stabil dan kuat untuk mendukung kegiatan operasional dan ekspansi perusahaan




TERBARU

Close [X]
×