kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.520.000   12.000   0,80%
  • USD/IDR 15.919   11,00   0,07%
  • IDX 7.206   64,80   0,91%
  • KOMPAS100 1.107   11,94   1,09%
  • LQ45 879   12,35   1,43%
  • ISSI 221   0,71   0,32%
  • IDX30 449   6,58   1,49%
  • IDXHIDIV20 540   5,75   1,08%
  • IDX80 127   1,49   1,19%
  • IDXV30 134   0,41   0,31%
  • IDXQ30 149   1,74   1,18%

Ini Persiapan XL Axiata (EXCL) Hadapi Lonjakan Trafik Hingga 20% Selama Libur Lebaran


Sabtu, 30 Maret 2024 / 16:19 WIB
Ini Persiapan XL Axiata (EXCL) Hadapi Lonjakan Trafik Hingga 20% Selama Libur Lebaran
ILUSTRASI. Pelayanan pelanggan yang menggunakan SIM tertanam atau embedded SIM (eSIM) di XL Center Jakarta, Jumat (22/3/2024). Emiten Telekomunikasi PT XL Axiata Tbk (EXCL) mengklaim, dengan mengurangi produksi dan distribusi kartu SIM fisik dan menggantinya dengan eSIM dapat mengurangi sampah karbon dan dampak lingkungannya untuk mendukung pembangunan, investasi, atau bisnis yang berkelanjutan. Sejak pertama diluncurkannya awal tahun lalu pengguna eSIM XL sampai dengan Febuari 2024 sudah lebih dari 300 ribu. KONTAN/Cheppy A. Muchlis/22/03/2024


Reporter: Yuliana Hema | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten telekomunikasi, PT XL Axiata Tbk (EXCL) memproyeksikan trafik layanan akan meningkat di kisaran 10%–20% dibandingkan hari biasa selama periode libur panjangan lebaran. 

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa menjelaskan, kenaikan trafik di setiap Lebaran terjadi karena masyarakat semakin banyak melakukan aktivitas digital, termasuk bersilaturahmi. 

Baca Juga: Tahun Ini XL Axiata Tbk (EXCL) Siapkan Capex Rp 8 Triliun, untuk Apa Saja?

"Trafik XL Axiata perlahan telah meningkat rata-rata hingga 5% di sepanjang Ramadan dibandingkan trafik di hari biasa," katanya dalam keterangan resmi, Rabu (30/3).

Gede bilang selain meningkatkan kapasitas, langkah antisipasi yang dilakukan XL Axiata berupa optimasi jaringan dengan melihat kemungkinan pergerakan mobilitas masyarakat atau pelanggan saat masa libur Lebaran. 

"Untuk menjamin kemampuan jaringan XL Axiata melayani lonjakan trafik nanti, kapasitas tetap kami naikkan 2 kali–3 kali lipat dari hari normal," jelas Gede. 

 

Baca Juga: XL Axiata Tbk (EXCL) Siapkan Capex Rp 8 Triliun pada 2024

Selain itu, juga dilakukan pengerahan dan penempatan armada mobile BTS sebanyak sekitar 94 unit untuk mendukung penguatan jaringan di berbagai lokasi yang rawan terjadi kepadatan trafik. 

Geda mengatakan lokasi-lokasi khusus yang menjadi tempat keramaian juga mendapat perhatian. Misalnya, lokasi wisata, pusat perbelanjaan dan tempat pemberangkatan penumpang moda transportasi. 

XL Axiata memiliki sekitar 59 BTS 4G di sepanjang Jalan Tol Trans Sumatera Palembang – Lampung, salah satu ruas utama paling ramai di Sumatera dan menjadi jalur mudik utama mudik Lebaran. 

Selain Jalan Tol Trans Sumatera Palembang dan Lampung, XL Axiata juga melakukan penambahan BTS di sejumlah ruas Jalan Tol Trans Sumatera lainnya, termasuk ruas-ruas baru.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×