kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45770,66   21,15   2.82%
  • EMAS904.000 -1,74%
  • RD.SAHAM 0.90%
  • RD.CAMPURAN 0.65%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.47%

Ini rencana kerja Plaza Indonesia Realty (PLIN) tahun depan


Kamis, 19 Desember 2019 / 21:51 WIB
Ini rencana kerja Plaza Indonesia Realty (PLIN) tahun depan
ILUSTRASI. Paparan publik PT Plaza Indonesia Realty Tbk (PLIN)

Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Yoyok

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Plaza Indonesia Realty Tbk berencana lakukan renovasi penuh atas Hotel Grand Hyatt. Adapun anggaran yang disiapkan sebesar US$ 35 juta.

Direktur Plaza Indonesia Realty, Evy Tirtasudira mengatakan dana renovasi didapatkan melalui fasilitas kredit yang didapatkan dari sindikasi bank. “Biaya renovasi akan menggunakan dana sindikasi, kami telah mendapatkannya dari pinjaman bank,” katanya dalam paparan publik di Jakarta, Kamis (19/12).

Baca Juga: Jababeka optimistis jadi kawasan berprospek di Koridor Timur

Adapun renovasi tersebut meliputi 427 kamar yang belum melakukan renovasi penuh. Padahal, ia bilang dalam bisnis hotel 7 tahun sekali perlu dilakukan renovasi penuh.

Sedangkan, hotel tersebut telah dibangun sejak 30 tahun silam dan sejauh ini pihaknya belum pernah melakukan renovasi besar-besaran. Karenanya, perseroan bermaksud untuk merenovasinya guna meningkatkan kinerjanya. Adapun hingga kuartal III/2019 tingkat okupansi Hyatt baru mencapai 61%.

Wakil Direktur Utama Plaza Indonesia, Anthony Prabowo Susilo menambahkan untuk Grand Hyatt baru melakukan renovasi kecil-kecil yangd telah dilakukan mulai 2017. Lebih lanjut, ide renovasi tersebut ia sebut dari partnernya.

Baca Juga: Ini Penyebab Laba BSDE Melonjak 89,36% Hingga Tembus Rp 2,52 Triliun

"Ide ini datang dari kerja sama kami dengan perusahaan properti asal Jepang Hankyu Hanshin Properties Corp (HHP)," lanjutnya.

Selain itu, ia menilai bahwa memang perlu melakukan renovasi besar-besaran. Menurutnya, walaupun kinerja sudah baik ia berharap kinerjanya dapat lebih baik lantaran bisnis utama hotel adalah menyewakan kamar sebagai motor pendapatan.

Lebih lanjut, proses renovasi tersebut akan dilakukan secara bertahap. "Proses dan kunci bisnis ini adalah kamar, kami akan fokus menyelesaikan dalam 1-3 tahun ke depan," tuturnya

Baca Juga: Laba Induk Bumi Serpong Damai (BSDE) dan Puradelta (DMAS) Naik Hampir Enam Kali Lipat

Menilik laporan keuangan perseroan, hingga kuartal III-2019 segmen bisnis hotel mencatatkan pemasukan sebesar Rp 337,19 miliar tumbuh 1,11% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 333,47 miliar.

Sedangkan untuk rencana bisnis di tahun depan lainnya guna mendongkrak pendapatan, emiten dengan kode saham PLIN ini belum ada rencana untuk menambah aset. Pihaknya mengaku ingin fokus mengembangkan aset yang ada.

Evy mencontohkan pengembangan yang dimaksud seperti Plaza Indonesia yang telah selesai melakukan perubahan di lantai 4 dan 5. Dengan hal tersebut, ia nilai akan memberikan dampak yang cukup signifikan di tahun depan.

Baca Juga: Wow, fasilitas kawasan Jababeka kian lengkap di usia ke-30 tahun

Sayangnya, untuk target kinerja 2020 pihaknya masih enggan membeberkannya. Namun, pihaknya berharap dapat mempertahankan kinerja di tahun-tahun sebelumnya. Adapun hingga akhir tahun ini pihaknya membidik dapat menjaga kinerja pendapatan di level Rp 1,6 triliun.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×