kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45943,48   -13,64   -1.43%
  • EMAS977.000 -1,21%
  • RD.SAHAM -1.34%
  • RD.CAMPURAN -0.36%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Ini strategi Pelindo III dongkrak kinerja pada tahun 2020


Minggu, 26 Juli 2020 / 21:42 WIB
Ini strategi Pelindo III dongkrak kinerja pada tahun 2020
ILUSTRASI. Sejumlah truk mengantre muatan peti kemas di Terminal Teluk Lamong, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (13/2/2020). Arus peti kemas di PT Terminal Teluk Lamong yang merupakan anak perusahaan milik PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) itu sebesar 715.047 Teus pad


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III telah menyusun sejumlah strategi mendongkrak kinerja guna mengadaptasi kenormalan baru sebagai upaya stimulasi perekonomian dan mendorong ekspor.

VP Corporate Communication Pelindo III, Wilis Aji Wiranata mengatakan, pihaknya melakukan sejumlah upaya pemulihan di masa adaptasi kebiasaan baru diantaranya melalui perubahan masa early stack kapal, masa penumpukan peti kemas di terminal dari sebelumnya dibatasi dari 3 hari menjadi 5 hari.

Pola ini diklaim memberikan efisiensi biaya sebesar 65% karena peti kemas ekspor dari pabrik langsung ke terminal peti kemas. Hal ini menguntungkan para eksportir dan forwarding.

Baca Juga: Pelindo II tunda ekspansi pelabuhan ke luar negeri

"Terminal tidak akan mengenakan biaya untuk permohonan early stack sehingga diharapkan eksportir bisa merasakan efisiensi biaya hingga 65%," ujar Aji kepada kontan.co.id, Sabtu (25/7).

Selain itu, ada pula kebijakan mengubah masa penumpukan peti kemas kosong impor dari 3 hari menjadi 7 hari, masa pertama dihitung 7 hari pertama.

Sementara hari ke-8 dan seterusnya dikenakan tarif tetap yang dihitung per hari sebesar tarif masa pertama yang berlaku.

Sementara itu, tarif progresif peti kemas yang berada di terminal diganti tarif flat. Pelindo juga mengijinkan eksportir mengambil peti kemas langsung ke terminal. Hal ini bisa mengefisienkan biaya bagi eksportir hingga 44% dibandingkan sebelumnya.

Baca Juga: Diterjang pandemi, Pelindo III proyeksikan kinerja bakal turun hingga akhir tahun

Wilis mengatakan, Pelindo III juga memberi kemudahan berupa transhipment antar terminal dengan menurunkan biaya terminal handling charge (CHC) peti kemas domestik khususnya di Pelabuhan Tanjung Perak.

Kesepakatan dilakukan antara Pelindo III dengan perusahaan pelayaran dengan diskon tarif transhipment yang ditetapkan sebesar 35% dari tarif paket bongkar muat. Eksportir akan mendapatkan manfaat sehingga dapat menstimulasi ekspor, yang terkait dengan ini pelayaran, eksportir/consignee, dan forwarding.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Financial Modeling & Corporate Valuation Fundamental Supply Chain Planner Development Program (SCPDP)

[X]
×