kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini upaya Shopee mendulang transaksi saat Ramadan


Kamis, 03 Mei 2018 / 15:52 WIB
Ini upaya Shopee mendulang transaksi saat Ramadan
Kampanye Ramadhan Bersama Shopee


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jelang ramadan, para pemain e-commerce siapkan strategi bisnis, termasuk Shopee. Pasar digital asal Singapura ini mulai mempersiapkan diri.

"Ada tiga hal yang kita persiapkan jelang ramadan yakni produk, kesiapan aplikasi, dan logistik pengiriman," ujar Rezki Yanuar, Country Brand Manager Shopee kepada Kontan.co.id di Jakarta, Kamis (3/5).

Shopee sudah mengimbau bagi para mitra penjual untuk menyiapkan diri mulai dari operasional produk, kualitas, dan kapasitas produk. Sedangkan untuk internal Shopee, Rezki menjamin kesiapan teknologi dan aplikasi.

"Terkait logistik pengiriman kita udah berbicara dengan partner logistik. Terakhir kita juga harus memperhitungkan libur labaran. Sekarang kita sudah bermitra dengan perusahaan logistik besar di Indonesia, kita masih terbuka untuk jalin kerjasama dengan pemain logistik baru," papar Rezki.

Rezki bilang pada tahun lalu rata-rata jumlah transaksi Shopee selama bulan ramadan mencapai 300.000 transaksi per hari. Meski tidak merinci secara spesifik target transaksi yang hendak dicapai pada tahun ini, Shopee berharap dapat mendulang transaksi yang lebih besar.

Oleh sebab itu, Shopee akan luncurkan Big Ramadan Sale yang akan berlangsung hingga 30 Mei. Program ini memberikan potongan harga hingga 90%, flash sale, dan game berhadiah berupa emas bagi penggunanya. Shopee juga masih mempertahankan gratis ongkos kirim untuk program ramadan ini.

Rezki menyatakan puncak terjadi lonjakan transaksi di Shopee berada pada dua minggu sebelum lebaran saat uang tunjangan hari raya (THR) cair. 

Berkaca pada tahun lalu, platform Shopee mengalami lonjakan pada jam 15.00-17.00 WIB dan 19.00-20.00 WIB.

Pada ramadan 2017, kategori yang paling banyak dibeli oleh pengguna Shopee adalah fesyen muslim, keperluan wanita, dan kebutuhan anak. Pada tahun 2018 ini, Rezki memprediksi kategori gadget dan kebutuhan pria pada ramadan kali ini juga akan naik permintaannya.

"Selain program konsumtif kita juga buat program Memberi dari Hati bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan Dompet Duafa. Program ini akan menyediakan donasi uang dan barang mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 300.000 untuk anak-anak," jelas Rezki.

Rezki bilang dalam kerjasama ini Shopee akan menghimpun donasi sedangkan pengelolaan donasi akan dilakukan oleh Baznas dan Dompet Duafa. Kampanye #MemberiDariHati mulai dari 30 April-31 Mei 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×