Reporter: Harry Muthahhari | Editor: Azis Husaini
KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Bagi beberapa yang menyadari, harga jual produk di Alfamart, Alfa Express, dan Alfamidi kerap berbeda. Alfa Express merek dagang di bawah payung PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) yang paling jauh perbedaan harganya.
Direktur Utama AMRT Anggara Hans Prawira menjelaskan, perbedaan harga di Alfa Express lebih dikarenakan struktur beban gerai tersebut. “Gerai itu dibuka di tempat yang sangat padat seperti bandara dan stasiun,” katanya pada Kamis (16/5).
Tempat itu, tambah Hans, memiliki harga sewa yang jauh berbeda ketimbang harga sewa gerai Alfamart yang kerap di lihat. Harga sewa itulah yang menyebabkan struktur biaya yang dijual menjadi lebih mahal.
Selain itu, Alfamidi juga kerap memiliki perbedaan harga dengan Alfamart. Walaupun jarak harganya tidak sejauh antara Alfamart dengan Alfa Express, tapi perbedaan harga sering terjadi.
Nah, soal ini karena Alfamidi memiliki manajemen yang sudah terpisah di bawah PT Midi Utama Indonesia Tbk (MIDI) walaupun perusahaan tersebut merupakan entitas anak dari AMRT. “Strategi utama kita antara Alfamart dengan Alfamidi kurang lebih sama, benang merahnya sama, tapi manajemen berbeda,” terang Hans.
Di tambah, Alfamidi memiliki jumlah item yang lebih banyak dibanding Alfamart. Lebih banyak item membuat Alfamidi bisa lebih fleksibel mennetukan mix margin dari masing-masing produk. “Lawson juga sama, karena convenience store dia biasanya ada di kantor-kantor. Cost structurenya beda,” tambah Hans.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News