kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inilah Spesifikasi Kereta Red Comodo dalam Uji Coba Kereta Cepat Jakarta Bandung


Senin, 22 Mei 2023 / 06:31 WIB
Inilah Spesifikasi Kereta Red Comodo dalam Uji Coba Kereta Cepat Jakarta Bandung
ILUSTRASI. Inilah Spesikasi Kereta Red Comodo dalam Uji Coba Kereta Cepat Jakarta Bandung


Reporter: kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) dimulai Jumat 19 Mei 2023. Simak spesifikasi rangkaian kereta Red Komodo untuk uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Electric Multiple Unit (EMU) atau rangkaian kereta untuk Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) bernama KCIC400AF, perdana meluncur ke Jakarta pada Jumat (19/5/2023). Rangkaian KCIC400AF atau yang disebut juga Red Komodo ini dioperasikan dari Depo Tegalluar sampai Stasiun KA Cepat Halim, Jakarta.

Momen penting dalam proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) ini terjadi dalam rangka pengujian Hot Sliding atau pengetesan untuk mengetahui kondisi Overhead Catenary System KCJB. Nantinya, uji coba kereta cepat ini akan terus dilakukan hingga akhirnya KCJB diresmikan.

Lantas, seperti apa spesifikasi EMU kereta cepat KCIC400AF atau Red Komodo dalam uji coba kereta cepat ini?

Baca Juga: Sampai Mana Uji Coba Kereta Cepat? Ini Informasinya

Spesifikasi rangkaian kereta cepat Jakarta-Bandung

Dilansir dari laman kcic, rangkaian kereta cepat KCJB diproduksi dan menjalani tes uji di pabrik di CRRC Sifang, Qingdao, provinsi Shandong, China. Rangkaian kereta cepat bernama KCIC400AF itu mulai dikirim ke Indonesia pada pertengahan Agustus 2022.

KCIC400AF dirancang untuk beroperasi dengan kecepatan 350 kilometer (km) per jam. Rangkaian kereta cepat KCJB itu diklaim memiliki teknologi canggih untuk menopang kebutuhan kenyamanan dan keamanan operasional.

Rangkaian kereta cepat yang digunakan minim kebisingan dan getaran sehingga mampu memberikan kenyamanan optimal pada penumpang.

Pada sisi lain, terdapat beragam equipment keamanan yang disiapkan dan sudah disesuaikan dengan kondisi geologis di sepanjang trase KCJB. KCIC400AF memiliki kemampuan untuk memonitor adanya ancaman bagi operasional KCJB, seperti gempa bumi, banjir, serangan objek asing, dan tahan api.

Dari sisi desain, KCIC400AF terinsipirasi dari hewan asli Indonesia, yakni Komodo. Bagian interior KCIC400AF akan dihiasi dengan ornamen batik Mega Mendung, khususnya di bagian kursi penumpang.

Rangkain kereta cepat ini akan dibagi menjadi beberapa kelas, mulai dari VIP Class, First Class, dan Second Class. Untuk para penumpang difabel, KCIC400AF juga menyediakan gerbong khusus penyandang disabilitas dengan ruang yang lebih luas untuk pengguna kursi roda.

Itulah spesifikasi kereta Red Comodo untuk uji coba kereta cepat Jakarta-Bandung. Tak sabar Indonesia segera memiliki kereta cepat untuk pertama kali.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Spesifikasi Kereta Cepat KCIC400AF, "Red Komodo" yang Meluncur Perdana ke Jakarta!",


Penulis : Dandy Bayu Bramasta
Editor : Sari Hardiyanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×