kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,90   -2,03   -0.21%
  • EMAS1.142.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inovasi Equpos Membantu Digitalisasi Bisnis Penjualan Ritel


Rabu, 12 April 2023 / 15:39 WIB
Inovasi Equpos Membantu Digitalisasi Bisnis Penjualan Ritel
ILUSTRASI. Pramuniaga melayani pembeli di salah satu pusat perbelanjaan di Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (21/11/2018).ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/hp.


Reporter: Lamgiat Siringoringo | Editor: Lamgiat Siringoringo

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kemajuan teknologi menjadi salah satu kunci sukses untuk berbisnis. Salah satunya adalah bisnis ritel dimana teknologi harus menjaga sistem penjualan agar lebih efektif.
Salah satu sistem dalam bisnis ritel adalah implementasi sistem Point of Sale (POS).

PT Equnix Solusi Retail yang merupakan anak perusahaan Equnix Business Solutions memiliki fitur Equpos. Sistem ini memiliki kelengkapan yang dibutuhkan oleh hypermarket dengan adanya kemudahan penggunaan, pengoperasian, dan perawatan.

Equpos dikembangkan dari riset dan pengembangan atas kebutuhan industri ritel saat ini dan ke depan. Fitur-fitur yang terdapat di dalamnya dapat menunjang efisiensi, kemudahan dan kecepatan operasi serta pengembangan bisnis. Topologi yang digunakan sangat sederhana, komunikasi data dari terminal langsung ke kantor pusat. Tidak kalah pentingnya, proses transfer dan distribusi data yang sangat cepat dan efisien, sehingga hanya membutuhkan bandwidth yang kecil dan tahan terhadap intermiten.

Salah satu yang menggunakan sistem Equpos adalah YOGYA , yang sejak Januari lalu  telah mengimplementasikan equpos. Equpos sudah mulai digunakan secara intensif, dengan fitur terbaru yang sangat memudahkan operasional di toko. Banyak promo yang variatif sangat membantu dalam mendukung kampanye marketing.

"Equpos memiliki keunggulan yang sebelumnya tidak didapatkan oleh sistem POS lainnya. equpos kaya akan fitur yang dibutuhkan perusahaan ritel untuk meningkatkan keunggulan kompetitifnya," kata CEO PT Equnix Solusi Retail, Julyanto Sutandang dalam keterangannya, Rabu (12/4).  

Baca Juga: Penjualan Ritel di Maret 2023 Meningkat, Ada Ramadan hingga Diskon Bertebaran

Beberapa kelebihan Equpos adalah memiliki lebih dari 27 jenis promosi dan dapat dikombinasikan menjadi lebih dari 100 variasi. Sistem ini juga terintegrasi dengan mesin EDC dan QRIS. Para pengguna juga bisa melakukan konsolidasi data penjualan secara real time.  Sistem Qupos juga menggunakan user Interface yang komprehensif dan informatif
Julyanto juga menegaskan kalau operasional lebih mudah dan kasir bisa pulang lebih cepat karena EOD terlaksana dengan kurun waktu hanya dalam beberapa detik.

“Sistem aplikasi ini efisien dengan pemakaian existing hardware. Artinya, hardware buatan tahun 2008 pun masih bisa digunakan. Equpos juga tidak bergantung pada koneksi jaringan sehingga transaksi bisa tetap berjalan jika jaringan mati. Ketika listrik kembali menyala, kasir tidak perlu mengulang dari awal. Selain itu, fungsi menambahkan variasi promosi juga bisa mendorong penjualan yang lebih tinggi, meraih lebih banyak pelanggan, juga memiliki lebih banyak pendapatan. Perawatannya sangat mudah, tidak perlu lagi staf TI di toko, sehingga menjadi lebih efisien,” jelas Julyanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×